Mataram dan Lombok Utara Digoyang Gempa 3,1 SR

Source : BMKG
Source : BMKG

MATARAM–Wilayah Mataram dan Lombok Utara kambali diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 3,1 skala richter (SR) pada pukul pukul 09.24.27 Wita, Jumat (19/6/2020).

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi, S.Si mengatakan berdasarkan hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan 3,1 skala richter (SR) dengan episenter terletak pada koordinat 8,54 LS dan 116,03 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 19 km Barat Laut Lombok Barat pada kedalaman 12 km. “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut,”jelasnya lewat keterangan tertulis setelah kejadian.

Ia juga menyampaikan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Mataram dan Lombok Utara dengan skala III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan truk berlalu). “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,”katanya.
Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,”tutupnya. (sal)

Komentar Anda