28 Peserta Lelang Jabatan di Pemkot Mataram Mulai Diuji

SIAP DIUJI : 28 peserta pengisian JPT Pratama Kota Mataram siap mengikuti uji makalah yang dimulai hari ini (Ali/Radar Lombok)

MATARAM – Tahap penerimaan berkas administrasi pendaftaran seleksi terbuka 7 jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) Kota Mataram ditutup Jumat, (10/9) lalu.

Tim panitia seleksi (pansel) sudah menghasilkan keputusan final tentang jumlah pelamar yang lolos tahapan kelengkapan administrasi. Diputuskan, 28 peserta lelang jabatan akan memperebutkan 7 jabatan eselon II lingkup Kota Mataram. ‘’Tim pansel sudah rapat dan memutuskan ada 28 peserta yang akan mengikuti tahapan selanjutnya. Sedangkan jumlah pelamarnya itu 34 dan orangnya 28,’’ ujar Sekretaris Tim Pansel pengisian JPT Pratama Kota Mataram tahun 2021, Dr Iwan Harsono di Mataram, kemarin.

Kemudian dari hasil pemeriksaan kelengkapan berkas dan persyaratan. Satu pelamar pengisian jabatan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dinyatakan tidak lulus karena batas usia yang melebihi ketentuan. ‘’Dia lewat umurnya yang tidak lulus. Seharusnya 1 November itu berusia 56 tahun. Tapi dia ini Bulan September sudah berusia 56 tahun. Karena nanti patokannya itu saat pelantikan,’’ katanya.

Dengan demikian, 28 pejabat dipastikan akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Yakni penilaian dan presentasi uji makalah. Kemudian dilanjutkan dengan interview dan asasmen langsung. Untuk presetasi makalah dan asasmen dibagi masing-masing tiga hari. ‘’Kita mulai hari Senin (hari ini) untuk persentasi makalah selam tiga hari sampai Rabu. Nanti hari Kamis dan seterusnya asasmen,’’ ungkapnya.

BACA JUGA :  Dishub NTB Antisipasi Transportasi Daring

Khusus untuk pelaksanaan asasmen. Untuk peserta yang sudah mengikuti asasmen dan mengantongi sertifkat. Dibebaskan untuk tidak mengikuti asasmen oleh tim pansel. ‘’Karena ketentuannya asasmen ini berlaku sampai 2 tahun. Peserta ini banyak yang tahun lalu ikut asasmen,’’ jelasnya.

Seluruh peserta sudah dikumpulkan untuk mengikuti tehnical meeting pada hari Sabtu (11/9). Saat pelaksanaan seleksi nanti. Peserta sudah menyepakati persyaratan rapid antigen negatif. ‘’Mereka juga kan sudah mengikuti tes kesehatan dan hasil foto torax-nya bagus-bagus semua. Semua tes kesehatan lengkap sudah dipenuhi peserta ini. Hasil pemeriksaan kesehatan bagus semua,’’ terangnya.

Iwan mengatakan, pansel memberikan peluang untuk peserta tampil optimal saat uji makalah nanti. Pansel fokus untuk menguji dan mendalami inovasi yang direncanakan peserta. ‘’Karena mereka melamar ini harus faham dengan tugasnya. Setelah faham juga harus tahu persoalan di sana. Sehingga kehadiran kepala dinas yang baru juga memberikan bobot untuk memastikan RPJM Pak Wali bisa tercapai,’’ terangnya.

BACA JUGA :  SWI Pusat Dorong Polda NTB Proses Hukum Investasi Bodong LBC

Sebagai pemberitahuan, dari 28 peserta yang lolos tahapan administrasi, 6 peserta melamar atau mendaftar di dua jabatan sampai penentuan peserta yang lolos tahapan adminsitrasi. Tercatat, jabatan Kepala Dinas Perikanan paling banyak peminatnya diikuti 8 peserta. Lalu disusul oleh jabatan kepala Dinas Perpustaan dan Kearsipan 7 peserta. Sedangkan jabatan Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Bappeda dan Direktur RSUD Kota Mataram. Masing-masing diikuti oleh tiga peserta.

Khusus untuk peserta jabatan Direktur RSUD Kota Mataram, dipastikan akan tersaji persaingan ketat. Pesertanya juga nama-nama beken dan sudah digadang-gadang ikut seleksi sejak beberapa waktu lalu. Yakni dr Emirald Isfihan, MARS. Kemudian drg Ahmad Zulfikar, MM, dr Ni Ketut Eka Nurhayati, Sp.OG. ‘’Karena pesertanya sudah memenuhi ketentuan di masing-masing jabatan. Pendaftaran tidak kita perpanjang. Hari Senin (hari ini) mulai tahapan uji makalah dihadapan lima anggota tim pansel,’’ kata Kepala BKPSDM Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati. (gal)