UNBK NTB Dianggarkan Rp 21 Miliar

Ilustrasi UNBK
Ilustrasi

MATARAM – Ada kabar gembira bagi sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK di NTB yang masih kekurangan komputer untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kekurangan tersebut akan disediakan Dinas Pendidikan dan kebudayan (Dikbud) NTB tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, HM Suruji mengatakan, tahun ini  sudah ada anggaran sebanyak Rp 21 miliar yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi NTB. Anggaran itu untuk pengadaan alat komputer yang akan diberikan ke beberapa sekolah.

‘’Sekitar akhir Februari akan keluar SKU-nya, tergantung keperluan sekolah. Kita masih lakukan verifikasi sekolah,’’ katanya, kepada Radar Lombok, Selasa kemarin (21/2).

Anggaran tersebut, jelasnya, tidak dalam bentuk uang ke sekolah-sekolah. Tapi bentuknya, alat komputer yang akan disalurkan ke sekolah-sekolah. Sedangkan server sekolah sudah ada lebih awal, sekolah hanya membutuhkan komputer.

Untuk mengatasi kekurangan, jelasnya, akan dilakukan sistem pinjam tempat. ‘’Kalau sekolahnya Lombok Barat, bisa nebeng ke Kota Mataram. Bisa bergiliran sesuai dengan jadwal,’’ ucapnya.

Sekolah-sekolah saat ini disebutnya sedang persiapan ujian. Dimana pelaksanaan ujian akan dilakukan serentak pada  April medatang. 

Terpisah, Kepala SMKN 1 Mataram, H Zumri mengatakan, untuk persiapan UNBK sudah dilakukan sejak awal tahun 2018. Sedangkan perangkat komputer dan server telah disiapkan sejak tahun 2017. ‘’Sudah siap perangkat semua sudah siap. Baik komputer maupun server,’’ katanya.

Untuk ruangan, sekolah sudah disiapkan dua lokal tempat. Seperti tahun lalu, untuk persiapan telah matang tanpa ada gangguan. Dipastikan pelaksanaan ujicoba berjalan lancar pada awal Februari lalu. (cr-dev)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut