Target 4 Juta Wisatawan Berkunjung Tahun Depan

Lalu Hasbulwadi
Lalu Hasbulwadi

MATARAM – Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tahun 2021 mendatang menargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke NTB sebanyak 4 juta. Angka tersebut sama dengan target kunjungan wistawan ke NTB tahun 2020, meski tahun ini tidak bisa tercapai karena pandemi Covid-19.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB Lalu Hasbulwadi mengatakan, pada tahun 2021 mendatang sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) target kunjungan wisatawan ke NTB sebanyak 4 juta wisatawan domestik maupun  mancanegara.

“Untuk bisa  menarik banyak wisatawan datang ke NTB, dengan tiga aspek, yaitu aksesibilitas pariwisata, peningkatan kapasitas dan kualitas aksesibilitas di destinasi, ketiga yaitu aktivitas yang ada di destinasi,” kata Lalu Hasbulwadi, kepada Radar Lombok, Rabu (11/11).

Dikatakan Lalu Hasbulwadi, dengan meningkatkan tiga aspek tersebut diharapakan mampu menarik wisatawan untuk datang ke NTB sebanyak banyaknya. Terlebih ditengah masa pandemi Covid-19 saat ini pariwisata menjadi sektor yang cukup terdampak, sehingga target kunjungan wisatawan pada tahun ini masih jauh dari harapan. Untuk itu pada 2021 mendatang perlu dilakukan beberapa pembaruan pada pariwisata.

“Kita harus melakukan pembenahan di kawasan destinasi pariwisata, baik destinasi strategis wisata nasional atau strategis wisata daerah maupun kabupaten/kota,” jelasnya.

Menurut Hasbul, adaya pembenahan pariwisata nantinya akan mampu menarik wisatawan untuk berkujung ke NTB dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, sehingga membuat pengunjung tidak khawatir melakukkan perjalanan keluar atau ke destinasi yang ada, khususnya berlibur ke NTB tahun depan.

“Kemungkinan kita meningkatkan kualitas promosi dengan beberapa pihak terkait maupun putri pariwisata yang ada,” ujarnya.

Saat ini melihat kondisi pariwisata memang masih sepi, seperti di beberapa destinasi wisatawa yang menjadi andalan tidak banyak dikunjungi wisatawan. Meskipun sebelumnya masuk libur cuti bersama, namun belum mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke NTB secara signifikan.

“Mudahan-mudah tahun depan pariwisata sudah lebaih baik lagi, tentu kita  harapkan targetnya bisa tercapai,” imbuhnya. (dev)

BACA JUGA :  NTB dan Uzbekistan Teken Kerjasama Pariwisata