Menikmati Sunset di Bale Geleng Sembalun

BALE GELENG: Deretan Bale Geleng yang ada di Dusun Lauk Rurung Timuk, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. (FAHMY/RADAR LOMBOK)

SELONG–Di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur ada destinasi wisata Bale Geleng, tepatnya di Dusun Lauk Rurung Timuk.

Ada belasan Bale Geleng yang dibangun Pemerintah Kabupaten Lombok Timur pada 2019 lalu di Sembalun Bumbung.

Bale Geleng merupakan bangunan mirip berugak yang di atasnya ada ruangan. Biasanya oleh masyarakat Sembalun dimanfaatkan untuk menyimpan padi bulu (beras merah) hasil panen petani setempat.

Bale geleng terbuat dari kayu; memiliki empat tiang dengan atap alang-alang mirip lumbung.

Baca Juga :  25 Desa Wisata di Lombok Barat Ikuti Pokdarwis Camp

Untuk bisa sampai ke Bale Geleng, wisatawan bisa berpatokan dari Kantor Desa Sembalun Bumbung. Tepatnya dari simpang tiga Kantor Desa Sembalun Bumbung belok kanan melewati perkampungan. Atau bisa juga dari Simpang Tiga Lapangan Sembalun belok kanan menelusuri perkampungan. Jarak dari jalan raya Sembalun kurang lebih 1 kilometer.

“Pemandangan di dalam kawasan Bale Geleng sangat memanjakan mata para pengunjung, karena terdapat hamparan lahan pertanian warga Sembalun yang hijau,” kata M. Haerudin, salah seorang wisatawan.

Baca Juga :  Sensasi Petik Stroberi di dalam Perkampungan Sembalun

Zulfahmi wisatawan lainnya mengatakan, posisi Bale Geleng yang berada lebih tinggi dari sawah warga bisa menjadi latar berfoto bagi wisatawan. Apalagi ditambah pemandangan barisan bukit di sekelilingnya.

“Kalau wisatawan mau mendapat pemandangan yang lebih indah lagi, tidak ada salahnya untuk datang pada sore hari, tepatnya menjelang matahari terbenam, karena pada jam ini pengunjung bisa menikmati suasana sunset (matahari tenggelam) dari balik Gunung Rinjani melalui Bale Geleng,” ujar pengusaha gorden ini. (ami)