Enam Putra NTB Raih Gelar Sarjana di Universitas Al-Ahgaff Yaman

Reporter : Muhammad Fathullah Ishak

WISUDA: Universitas Al-Ahgaff menggelar wisuda ke-21 dari Fakultas utamanya, yaitu Fakultas Syariah dan Hukum yang berlokasi di Kota Tarim, Hadhramaut, Yaman, Kamis (27/8/2020)

TARIM, HADHRAMAUT-Universitas Al-Ahgaff merupakan salah satu perguruan tinggi berbasis ahlussunah waljamaah paling favorit di Yaman. Pada Kamis (27/8/2020) lalu, Al-Ahgaff menggelar wisuda ke-21 dari Fakultas utamanya, yaitu Fakultas Syariah dan Hukum yang berlokasi di kota Tarim, Hadhramaut, Yaman.

Prosesi wisuda yang bertempat di auditorium Fakultas Syariah dan Hukum ini diikuti oleh 71 mahasiswa yang telah menyelesaikan program sarjana (S1) dari berbagai negara di dunia. Termasuk di antaranya Tailand, Somalia dan Indonesia.

Dari 71 wisudawan Al-Ahgaff ini, 6 dari mereka berasal dari provinsi Nusa Tenggara Barat, yaitu M. Ihsan Ramadhan (asal Rakam, Lombok Timur), M. Ismul Wilman Hadi (asal Montong Gading, Lombok Timur) Imam Rohmatullah (asal Labuhan Badas, Sumbawa), Arif Rianto (asal Lombok Barat), Zulkifli (asal Lombok Barat) dan Hanif Dhanu Paksi (asal Batu Jai, Praya Barat, Lombok Tengah).

Wisuda kali ini dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Al-Ahgaff, Prof Al-Habib Abdullah Bin Muhammad Baharun dan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Ustadz Abdullah Awadh bin Smith beserta para habaib (jamak: habib) dan masyaikh (jamak: syekh) Tarim lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Al-Ahgaff memberikan ucapan selamat kepada para mahasiswa yang diwisuda, dan mengajak mereka untuk bersyukur atas nikmat Allah sehingga bisa menyelesaikan studi selama 5 tahun di kampus ini.

“Wisuda itu bukan akhir dari perjuangan kalian, wisuda itu justru awal perjuangan. Sebab perjuangan di negara dan masyarakat kalian bakal lebih berat dari ini semua,” tutur Prof. Habib Abdullah Baharun, seorang rektor yang juga ulama terkemuka di Yaman.

Acara yang dimulai tepat seusai salat Magrib ini berakhir pada pukul 21.30 KSA. Prosesi wisuda berjalan lancar dan penuh antusias. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin langsung oleh Rektor Univ. Al-Ahgaff, Abuya Habib Abdullah bin Muhammad Baharun, dilanjutkan salat berjamaah dan makan malam bersama di penghujung acaranya.

Selesai rangkaian acara wisuda usai, keluarga NTB di Universitas Al-Ahgaff beserta tamu undangan dari lembaga lainnya berkumpul dan berfoto bersama. Para wisudawan NTB sempat berbagi motivasi dan pengalaman mereka hingga sukses menuntaskan studi.

“Untuk mencapai kesuksesan ini, harus dibarengi dengan tertib belajar. Kita harus konsisten dan selalu memperbaiki niat,” ungkap Arif Rianto, salah satu wisudawan asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. (*)