Mahasiswa NTB Hadiri Acara Peringatan Haul Sayyidina Muhajir Ahmad bin Isa

Oleh : Muhammad Fathullah Ishak

MAHASISWA NTB: Putra-Putra NTB Yang sedang menempuh belajar di Hadhramaut, Yaman menghadiri perayaan Haul Ulama yang pertama kali menginjakkan kaki di bumi Hadhramaut yaitu Sayyidina Muhajir Ahmad bin Isa. (ist for radarlombok.co.id)

TARIM, HADHRAMAUT–Rabu (03/09/2020) malam lalu, Putra-Putra NTB Yang sedang menempuh belajar di Hadhramaut, Yaman menghadiri perayaan Haul Ulama yang pertama kali menginjakkan kaki di bumi Hadhramaut yaitu Sayyidina Muhajir Ahmad bin Isa.

Imam al-Muhajir merupakan keturunan Rasulullah SAW yang pertama menginjakkan kaki di Hadhramaut. Nama lengkap beliau adalah Ahmad bin Isa bin Muhammad bin Ali al-Uraidhi bin Ja’faras-Shadiq bin Muhammad al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husein bin Ali bin Abi Thalib, suami Sayyidah Fathimah Az-zahra binti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lahir tahun 260 H di Kota Bashrah, Irak.

Dibesarkan dalam keluarga mewah, kaya dan terhormat di Kerajaan Bashrah, Irak, namun Imam al-Muhajir memutuskan hijrah dari Irak manakala negeri 1001 malam itu dilanda fitnah sangat hebat dan dahsyat. Demi menyelamatkan aqidah anak cucunya, limpahan harta benda ditinggalkan begitu saja dan pergi menuju Madinah, kemudian ke Mekah dan berkeliling Yaman hingga akhirnya sampai di Hadhramaut.

Menurut Habib Abu Bakar masyhur, dinamakan Muhajir karena dulu beliau berhijrah dari kota asalnya Irak menuju Hadhramaut. Konon, hijrahnya tersebut disebabkan karena kota irak yang saat itu sudah tidak sesuai lagi dengan lingkungan hidup Habib Ahmad. Irak dilanda fitnah sangat hebat dan dahsyat. Demi menyelamatkan akidah anak cucunya, limpahan harta benda ditinggalkan begitu saja dan pergi menuju Madinah, kemudian ke Mekah dan berkeliling Yaman hingga akhirnya sampai di Hadhramaut.

Di Hadhramaut inilah Imam al-Muhajir wafat pada 345 H dan jenazahnya disemayamkan di atas bukit di Desa Husaisah. Di atas lereng bukit yang sangat tinggi. Bukit yang sangat natural klasik dan terlihat unik. Makam ini merupakan salah satu tempat sakral yang menjadi sasaran utama para pendatang untuk berziarah.

Acara haul yang rutin diadakan setiap tahun selalu dipenuhi lautan manusia dari beragai daerah. Ada yang dari Tarim, Seiwun, Hauthoh,Huraidhah dan sekitarnya. Haul Imam Muhajir sebenarnya sudah dimulai beberapa hari kemarin. Acara penutupan inilah yang menjadi puncak dalam jadwal kegiatan haul.

Acara ini juga di hadiri oleh para Habaib Yang terkenal diantaranya Habib Umar bin Hafizd, habib Abu Bakar Al-Adni Yang merupakan pimpinan dari universitas washatiyyah Yang bertempat di sekitar makam dan banyak lainnya.

Acara di selenggarakan di masjid Al-muhajir Yang bertempat di lingkungan makam beliau yaitu di daerah Husaishah, Hadhramaut, Yaman. Dimulai dengan salat magrib berjama’aah, pembacaan maulid dan di lanjutkan dengan penyampain tausyiyah sekaligis penyampaian Riwayat hidup Sayyidina Muhajir Ahmad bin Isa oleh habib Abu Bakar Al-Adni dan di lanjutkan dengan penyampaian dari habib umar bin hafidz.

Acara berjalan dengan lancar dan tentram sampai sekitar pukul 20: 00 waktu setempat, ditutup dengan pembacaan doa Dan salat isya’ berjama’ah Dan ditutup dengan makan bersama dengan sajian bubur khas hadhramaut, Yaman. (*)