Survei LSI : 70 Persen Warga Mataram Ingin Kembali Dipimpin H Mohan

SURVEI LSI : Survei LSI Denny JA menyatakan 70 persen warga Kota Mataram ingin kembali dipimpin oleh H Mohan Roliskana (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA telah menyelesaikan survei tahap pertama untuk mengukur elektabilitas dan popularitas bakal calon kepala daerah (Bacakada) di Pilkada NTB maupun 10 Kabupaten Kota lainnya di NTB. Seluruh hasil survei telah diserahkan kepada seluruh bacakadq yang masuk dalam Penjaringan Internal Partai Golkar.

Untuk hasil survei Kota Mataram misalnya, LSI menemukan fakta menarik terkait keinginan warga kota untuk kembali dipimpin oleh petahana. Hal ini tercermin dari jawaban para responden yang menyebut 70,0 persen warga menginginkan H Mohan Roliskana kembali menjabat sebagai wali Kota Mataram.

Sementara itu, untuk tingkat kepuasan publik  Mataram atas kinerja para calon petahana  82,3 persen warga merasa sangat puas dengan kinerja H Mohan Roliskana dan 75,7 persen merasa puas dengan kinerja TGH Mujiburrahman.  “Kota Mataram bisa dibilang cukup konklusif (sudah bisa disimpulkan) ya. Karena Kota Mataram terlihat istilah kita hanya matahari tunggal di Kota Mataram karena Pak Wali Kota Pak Mohan begitu powerful hasil surveinya baik dari sisi tingkat kepuasan pemilih   maupun dari sisi tingkat elektabilitasnya. Bahkan kalau kita lihat simulasi elektabilitas ketika namanya diperkecil itu angkanya sudah sangat tinggi ya,” kata Direktur Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA Aji Al-Farabi di Mataram, Rabu (12/6).

Untuk tingkat elektabilitas LSI mengajukan pertanyaan. Seandainya pemilihan Wali Kota Mataram Dilaksanakan hari ini. Siapa Calon Wali Kota yang akan bapak ibu pilih?. Hasilnya H Mohan Roliskana berada di puncak pilihan warga dengan 43,6 persen. Pesaing terdekatnya berjarak sekitar 30 persen di posisi kedua yakni TGH Mujiburrahman dengan 13 persen. Sementara figur luar Golkar yang terdekat adalah Hj. Putu Selly Andayani dengan 8,9 persen, H Muzihir dengan 4,3 persen dan Abd Rachman 3,9 persen.

Kemudian ketika nama-nama tersebut dikerucutkan menjadi 10 nama, hasilnya 50,2 persen memilih H Mohan Roliskana sebagai calon wali kota. Disusul TGH Mujiburrahman dengan 15,5 persen, H Muzihir 7,7 persen dan ABD Rachman 5,6 persen. Sementara jika lima orang calon diadu tanpa keikutsertaan TGH Mujiburrahman tingkat keterpilihan H Mohan Roliskana melonjak menjadi 61,8 persen. “Satu satunya calon yang bisa mendekati bisa melawan beliau hanyalah wakil wali kota ya itupun masih jauh dan ini adalah paket yang sama,  sama-sama dari Golkar ya dengan angka untuk pak wali kota sudah sangat powerfull ,” tegas Aji.

Baca Juga :  Gaji Honorer Mulai Naik Awal Tahun 2024

Dengan tingkat kepuasan dan tingkat elektabilitas ini H Mohan Roliskana dapat bertarung dan berpotensi menang baik dengan tetap berpasangan dengan TGH Mujiburrahman maupun dengan figur lain. Hal ini mengingat jarak antara H Mohan dengan figur-figur di bawahnya cukup jauh. “ (Angka elektabilitas ini) sangat ideal untuk seorang petahana,” pungkasnya.

Terkait hasil Survei ini Sekretaris DPD Partai Golkar NTB H Firadz Pariska menjelaskan, secara kepartaian pihaknya mengaku sangat puas dengan hasil survei dua figur Golkar di Mataram. Karena itulah survei ini menjadi bekal yang penting sebagai pedoman untuk memasuki Pilkada mendatang. “Tentu kami sangat bersyukur dengan capaian ini, namun ini bukan akhir. Data ini penting agar kami bisa berbenah untuk melengkapi di wilayah mana yang kami masih kurang. Tidak hanya untuk kontestan di Mataram namun juga untuk seluruh Bacakada Golkar di Pilkada NTB dan 10 kabupaten kota,” imbuhnya.

Terkait dengan siapa H Mohan Roliskana akan berpasangan Firadz menjelaskan secara normatif seluruh keputusan pencalonan ada di tangan DPP. Hasil survei ini menjadi bagian dari proses seleksi untuk menentukan pasangan. Terlebih Golkar di Mataram membutuhkan koalisi partai untuk mengusung pasangan calon. “Semua masih berproses, keputusan ada di DPP. Hanya saja kami di daerah telah mempersiapkan beberapa skenario agar bisa mengusung pasangan di pilwali mendatang,” pungkasnya.

Survei ini dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada 27-1 Juni 2024 dengan 440 responden dengan margin of error 4,8 persen. Pada pertanyaan terbuka (top op mind) dengan pertanyaan Seandainya Pemilihan wali Kota Mataram dilaksanakan pada Hari Ini Siapa Calon Wali Kota yang akan bapak/ibu pilih?. Hasilnya muncul 13 nama yang disebut oleh warga.

Di mana H Mohan Roliskana berada di posisi teratas dalam benak publik Mataram sebagai calon wali kota dengan 32,7 persen suara. Sementara tiga pesaing terdekatnya terpaut jauh dengan selisih lebih dari 28 persen.  Seperti TGH Mujiburrahman di peringkat dua dengan 3,9 persen, Putu Selly Andayani dengan 2,0 persen dan Abd Rachman dengan 1,8 persen. Nama nama berikutnya kurang dari 1,5 persen. Kemudian jumlah warga yang belum memutuskan pilihan sebanyak 31,4 persen.

Baca Juga :  Tiga Besar Calon Kadis Segera Ditentukan

Tingkat elektabilitas H Mohan Roliskana berada di puncak pilihan warga dengan 43,6 persen. disusul TGH Mujiburrahman dengan 13 persen, Hj Putu Selly Andayani dengan 8,9 persen, H Muzihir dengan 4,3 persen dan Abd Rachman 3,9 persen. Kemudian ketika nama-nama tersebut dikerucutkan menjadi 10 nama, hasilnya 50,2 persen memilih H Mohan Roliskana sebagai calon wali kota. Disusul TGH Mujiburrahman dengan 15,5 persen, H Muzihir 7,7 persen dan ABD Rachman 5,6 persen.

Sementara jika lima orang calon diadu tanpa keikutsertaan TGH Mujiburrahman tingkat keterpilihan H Mohan Roliskana melonjak menjadi 61,8 persen. Dalam simulasi enam nama (Tanpa Hj Selly Andayani) tingkat keterpilihan H Mohan Roliskana naik menjadi 53,2 persen dan TGH Mujiburrahman 16,1 persen dan H Muzihir 8,4 persen. Sementara itu dalam simulasi tertutup dengan dua nama antara H Mohan Roliskana dengan TGH Mujiburrahman hasilnya H Mohan Roliskana unggul 61,6 persen dan TGH Mujiburrahman 27,3 persen.

Sementara itu untuk nama tokoh dengan basis pemilih loyal (Strong Supporters) di Kota Mataram hasilnya adalah:   H Mohan Roliskana memiliki basis pemilih loyal sebanyak 31,1 persen.  Disusul  TGH Mujiburrahman di peringkat kedua dengan 9,3 persen dan Hj Putu Selly Andayani 5,2 persen dan Abd Rachman 3,2 persen.  13 nama di bawahnya memiliki persentase 2 persen ke bawah.

Sementara itu untuk calon wakil wali kota TGH Mujiburrahman muncul pertama di benak publik sebanyak 23,4 persen. Disusul Abd Rachman 6,8 persen dan  Selly Andayani 6,8 persen. Untuk tingkat pengenalan dan kesukaan H Mohan Roliskana berada di puncak dengan angka pengenalan 77,7 persen dan kesukaan 90,4 persen. Sementara TGH Mujiburrahman berada pada angka keterkenalan 60,6 persen dan kesukaan 84,1 persen. Untuk tingkat kepuasan publik Kota Mataram atas kinerja para calon petahana  82,3 persen warga merasa sangat puas dengan kinerja H Mohan Roliskana dan 75,7 persen puas dengan kinerja TGH Mujiburrahman.

Untuk pertanyaan apakah warga Kota Mataram menginginkan petahana kembali menjabat hasilnya 70,0 persen warga menginginkan H Mohan Roliskana kembali menjabat, 15,45 persen tidak menginginkan dan 14,5 persen tidak tahu atau tidak menjawab. Kemudian untuk TGH Mujiburrahman 56,4 persen menginginkan kembali menjabat sementara 23,6 persen tidak menginginkan dan 20,0 tidak tahu dan tidak menjawab. (gal/adv)

Komentar Anda