Kemenkumham NTB Kembali Raih Peringkat Pertama Penyusunan LK UAPPAW 2023

Kanwil Kemenkumham NTB mendapatkan peringkat pertama untuk kategori UAPPA-W pada pemberian penghargaan atas penyusunan laporan keuangan tahun 2023 yang digelar DJPb NTB, Jumat (21/6). (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM–Kanwil DJPb NTB menyelenggarakan kegiatan pemberian penghargaan atas penyusunan laporan keuangan tahun 2023, Jumat (21/6).

Kegiatan ini merupakan apresiasi oleh Kanwil DJPb atas penyusunan laporan keuangan tingkat unit akuntansi pembantu pengguna anggaran wilayah (UAPPA-W).

⁠⁠Pemberian penghargaan terhadap laporan keuangan didasarkan pada 5 (lima) indikator yakni: (1) Kesesuaian kertas kerja telaah; (2) Estetika dalam penyusunan laporan keuangan dan penjelasan dalam CaLK; (3) Kecukupan dan kesesuaian pengungkapan pada CaLK; (4) Format kertas kerja dan (5) Ketepatan waktu pengumpulan laporan keuangan.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham NTB Siap Sukseskan Digitalisasi Arsip Nasional

⁠Berdasarkan indikator tersebut Kanwil Kemenkumham NTB mendapatkan peringkat pertama untuk kategori UAPPA-W dengan jumlah satker 11 atau lebih pada lingkup Kanwil DJPb dengan nilai 97,20. Kemudian disusul oleh BPS NTB pada peringkat kedua dan Bidkeu Polda NTB pada peringkat Ketiga.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi Bapak Muslim Alibar dan dibuka oleh Ibu Kakanwil DJPb Ibu Ratih Hapsari Kusumawardani.

Baca Juga :  Pemungutan Suara di Lapas Lombok Barat Sukses Digelar

Dalam sambutannya, Ratih menyampaikan bahwa penyusunan laporan keuangan merupakan bentuk pertanggungjawaban dalam pengelolaan keuangan sebagaimana diatur dalam PMK 232/PMK.05/2022 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Instansi.

Di tempat terpisah, Parlindungan, Kakanwil Kemenkumham NTB, menyampaikan bahwa pemberian penghargaan tersebut dapat lebih meningkatkan akuntabilitas instansi sebagai bentuk pertanggungjawaban pengelolaan keuangan. (Kunaifi)

Komentar Anda