Serba-Serbi Rangkaian Kegiatan Hut Lombok Tengah Ke-71

LOMBA: Salah satu grup Marawis mengikuti lomba yang diselenggarakan KNPI Lombok Tengah, dalam memeriahkan HUT Lombok Tengah ke 71 (SAPARUDIN/RADAR LOMBOK)

Kemeriahan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lombok Tengah ke 71, sudah ditabuh sejak bulan lalu. Mulai dari hiburan artis papan atas, kemudian kegiatan olahraga, kegiatan religi, sampai hiburan ala Islami.

 

 


SAPARUDDIN & HAERUDDIN – PRAYA


 

TABUH suara rebana di depan Masjid Agung Praya, mengetuk telinga sepanjang hari kemarin (13/10). Suara salawat dan syair-syair Arab juga seolah menggugah jiwa. Suaranya begitu khas seperti musik Timur Tengah yang kental dengan Islami. Tak sedikit, penonton dengan seksama memperhatikan musik bergrup itu.

Di samping memang, grup musik yang dinamakan Marawis (band tepuk) itu sedang dilombakan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lombok Tengah. Mereka menghadirkan 20 grup Marawis se Lombok Tengah, untuk diuji tingkat keseniannya hingga menembus juara nanti.

Ketua KNPI Lombok Tengah, M Samsul Qomar mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan dalam memeriahkan dan menyambut HUT Lombok Tengah ke 71. Tujuannya, untuk melestarikan musik Islami. "Kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi KNPI Lombok Tengah, dalam menyambut Hari kemenangan Lombok Tengah ke 71," katanya.

Selain itu, Qomar juga mengaku akan menggelar seminar bertajuk “Banggakah Kita Sebagai Masyarakat Tengak,”. Seminar itu digelar pada malam refleksi 71 tahun Kabupaten Lombok Tengah. Untuk menyemarakkan seminar ini, beberapa putra daerah baik nasional ataupun regional bakal menjadi diundang menjadi narasumber. Seperti anggota DPD RI, HL Suhaimy Ismy dan Baiq Diah Ratu Ganefi, akademisi Prof Dr Galang Asmara, Dr Zaenal Asikin dan beberapa putra-putri kelahiran Lombok Tengah, lainnya. ‘’Mereka akan kita undang untuk merefleksikan bagaimana sebenarnya membangun dan membawa Lombok tengah, kedepannya,’’ tandasnya.

Di sisi lain, gerak jalan sehat juga digelar. Kegiatan ini dilepas langsung oleh Wakil Bupati Lombok Tengah, L Pathul Bahri. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat umum, PNS, dan elemen masyarakat lainnya. Salah satunya Forum Wartawan Lombok Tengah (FWLT).

Kemudian pada Rabu malam digelar juga haflah Alquran yang mendatangkan qori internasional, Syekh Hameed Syakir Nejad dari Iran bersama Dr KH Said Aqiel Husein Al Munawwar di Masjid Agung Praya.  

Sebelumnya lagi, Pemkab Lombok Tengah bersama Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) juga menggelar Hari Tani Nasional. Dalam acara tersebut, sejumlah artis papan atas didatangkan menghibur rakyat. Seperti band Geisha, Slank, artis dangdung, dan penyanyi legendaries Iwan Fals. (**)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid