Ramadan, Tahanan Polda Dibagikan Perlengkapan Ibadah

MATARAM—Dalam rangka membangun kebersamaan dan bersilaturahmi,Polda NTB membagikan perlengkapan ibadah berupa  20 kitab suci Alqur’an dan 15 sajadah kepada tahanan Polda NTB.

‘’Hari keempat ini kita membagikan kitab suci Alqur’an dan sajadah kepada tahanan rutan Polda NTB,’’ ujar Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dir Tahti) AKBP Deky Subagio Kamis lalu (9/6).

Pembagian perlengkapan ibadah ini kata dia, berdasarkan permintaan langsung dari para tahanan.  Permintaan ini  dinilainya sangat manusiawi . Karena selama bulan puasa, tingkat pelaksanaan ibadah bisa lebih tinggi dari biasanya. ‘’ Sebelumnya perlengkapan ibadah ini sudah ada di ruang tahanan Polda NTB. Tapi mereka meminta lagi untuk diadakan. Mumpung ini bulan Ramadan kan dapat digunakan untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Jadi pemberian perlengkapan ibadah ini bisa memotivasi mereka juga untuk beribadah,’’ katanya.

Sebelum membagikan perlengkapan ibadah tersebut,  Polda NTB juga menggelar kegiatan berbuka puasa bersama dengan tahanan di Rutan Mapolda NTB. Kegitan ini diikuti oleh 42 orang tahanan yang terdiri dari 38 pria dan empat wanita.  Tahanan ini terdiri dari berbagai kasus yang saat ini ditangani oleh Polda NTB. seperti tahanan kasus narkoba, perdagangan orang (Human Traficking) pencabulan dan sebagainya.  ‘’ Sekarang ada 42 orang tahanan yang ada disini.  Disini idealnya bisa menampung sebanyak 45 orang tahanan. Jadi sekarang ini belum overload kapasitasnya,’’ ungkapnya.

Pada buka puasa tersebut, Polda NTB menyediakan makanan pembuka seperti kurma dan takjil. Kemudian dilanjutkan dengan shalat berjamaah bersama. Setelah itu, ke- 42 tahanan ini mendapat nasi kotak oleh petugas. ‘’ Yang terpenting itu kebersamaan dengan membangun silaturahmi. Itu inti dan tujuan dari kegiatan ini,’’ tandasnya.(gal)

BACA JUGA :  Ajak Anak Berpuasa, Juga Peduli Palestina