PLTD Paokmotong Terbakar

KEBAKARAN: Petugas pemadam kebakaran sedang menjinakkan si jago merah yang melahap bangunan PLTD Paokmotong kemarin. (Ist for Radar Lombok)

SELONG-Gudang Pembangkit Listrik Tenaga Diasel (PLTD) di Desa Paokmotong Kecamatan Masbagik terbakar, Selasa (1/12). Kejadian ini menyebabkan berbagai fasilitas PLTD habis dimakan api. Beruntung petugas pemadam dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bergerak cepat ke lokasi untuk menjinakkan api.

Kebakaran ini sempat membuat para pegawai yang berada di lokasi panik. Mereka pun sempat melakukan upaya pemadaman dengan peralatan seadanya. Tapi api berhasil dijinakkan setelah tim pemadam datang. “Beruntung tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” kata Kepala BPBD Lotim, Toni Satria Wibawa.

Lebih lanjut disampaikan, proses pemadaman membutuhkan waktu sekitar 30 menit lebih. Setidaknya ada tiga armada yang dikerahkan ke lokasi untuk menjinakkan api ditambah puluhan personil. Pihaknya masih belum mengetahui penyebab kebakaran.

Ancaman kebakaran masih tinggi. Guna mempercepat penanganan, pihaknya telah memaksimalkan  keberadaan pos pemadam yang ada di setiap kecamatan. Seperti di Kecamatan Terara, Keruak dan Pringgabaya. Mengingat wilayah-wilayah tersebut memang rawan kebakaran.” Kecuali di Sembalun dan Sambelia yang masih belum aktif. Hal itu disebabkan karena keterbatasan personil dan armada,”ungkapnya. 

Semua pos pemadam ini sangat penting untuk diaktifkan. Karena sesuai SOP 15 menit setelah terjadi kebakaran petugas harus sudah berada di lokasi.”Termasuk juga itu akan memudahkan koordinasi dan penanganan bencana lainnya,” tutupnya.(lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaRiding Gear yang Tepat Saat Berkendara Off Road
Berita berikutnyaPerpanjangan Run Way Bandara Dikeluhkan Warga