NTB Jadi Mentor BLUD SMK Wilayah KTI

Kadis Dikbud NTB H Aidy Furqan bersama Wagub NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah saat menujukkan piagam penghargaan dari Mendikbudristek RI. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Mendikbudristek Nadiem Makarim memberikan piagam penghargaan kepada Provinsi NTB sebagai penerima Anugerah Merdeka Belajar kategori Provinsi transformasi pendidikan vokasi se Indonesia.

Penghargaan dari Kemendikbudristek RI  itu menjadi penyemangat Dinas Dikbud NTB untuk terus meningkatkan mutu SMK. Tak hanya itu, NTB juga ditunjuk sebagai mentor BLUD SMK wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI).

“Alhamdulillah, NTB menerima penghargaan kategori Provinsi Transformasi Pendidikan Vokasi se Indonesia,” kata Kepala Dinas Dikbud NTB H Aidy Furqan kepada Radar Lombok, kemarin.

Dikatakan, ada tiga Provinsi yang mendapat kategori, yaitu NTB, Aceh dan Kalimantan Utara.

Baca Juga :  Guru Menjadi Solusi Hadirkan Pembelajaran Menyenangkan

“Allhamdulllah kerja keras kita di NTB untuk menata pendidikan dan kebudayaan mendapat apresiasi nasional,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dikbud NTB M Khairul Ihwan menambahkan pendidikan telah menjadi bagian penting dari strategi untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Transformasi pendidikan vokasi diarahkan agar pendidikan vokasi menjari lebih adaptif, relevan, dan berkelanjutan dalam menghadapi dan menjawab tuntutan dinamika ekonomi masa depan.

“Kita ditunjuk jadi mentor untuk Indonesia Timur karena dinilai berhasil dan paling progresif,” katanya.

Ihwan menambahkan, dengan ditunjuknya NTB menjadi mentor SMK BLUD Indonesia Timur, maka akan ada banyak SMK dari kawasan Indonesia Timur yang berkunjung ke NTB untuk melakukan studi banding. Di lain sisi, SMK BLUD yang ada di NTB juga akan mengisi materi di dalam kegiatan SMK di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Baca Juga :  Tim Robotik MTsN 1 Kota Bima Sabet Medali Emas di Kompetisi Robotik Internasional

“Mentor ini akan mulai dilakukan Juli mendatang. Tentu saja kita bangga, karena di Indonesia hanya ada 3 daerah yang ditunjuk. Jatim untuk mentor Pulau Jawa, Riau untuk pulau Sumatera, dan NTB untuk Indonesia Timur,” tandasnya. (adi)

Komentar Anda