MENGENAL MUHAMMAD FAISHAL, PERAIH BEASISWA DARI KEDUTAAN MESIR

Muhammad Faishal (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN-PK) 2 Mataram kembali menoreh prestasi melalui Muhammad Faishal dengan meraih beasiswa dari Kedutaan Mesir.

(ABDI ZAELANI-MATARAM )

MUHAMMAD Faishal, salah satu alumni MAN-PK 2 Mataram berhasil mendapat beasiswa S1 di Al-Azhar Kairo, Mesir. Faishal mendapat beasiswa dari Kedutaan Mesir.

Pengumuman kelulusan itu disampaikan melalui surat elektronik oleh Kedutaan Mesir pada 28 Juli 2022. “Alhamdulillah, bisa diterima untuk mendapatkan beasiswa dari Kedutaan Mesir. Akhirnya apa yang tiang impikan dulu bisa terwujud juga atas kehendak Allah,’’ ungkap Faishal saat dihubungi Radar Lombok, kemarin.

Putra kedua dari pasangan Habiburrahman dan Sri Hidayati mengatakan, pemberkasan ke Kedubes Mesir tanggal 22 Agustus. Setelah itu, menunggu muwafaqoh minhah (persetujuan) dari Al-Azhar.

“Mudah-mudahan tidak ada kendala dan berjalan lancar,’’ harap pria kelahiran Mataram 9 Desember 2003 ini.

Faishal tumbuh di lingkungan pondok pesantren. Ia mengenyam pendidikan mulai taman-kanak-kanak (TK) sampai duduk di kelas 2 SDN di Buin Batu Internasional School. Kemudian pindah ke SDN 1 Kediri Selatan. Lalu melanjutkan di MTS Ponpes Al-Ishlahuddiny. Selanjutnya menimba ilmu di MAN PK 2 Mataram.

Baca Juga :  Meratapi Derita AGUSTINA SINTA NINGSIH Melawan Penyakit Kaki Gajah


Faishal ditempa di pondok pesantren, tentu tidak heran jika bahasa Arab, Inggris, dan membaca Kitab Kuning khatam. Kemampuan Bahasa Arab dan membaca Kitab Kuning diperolehnya dengan belajar ke sejumlah tuan guru sebab dirinya tumbuh di lingkungan pesantren yang dikelola kakeknya, TGH Musleh Ibrahim. Sehingga, kemampuan Bahasa Arab dan membaca Kitab Kuning terasah sejak dini. Selain itu, Faishal juga seorang penghafal Al-Qur’an atau hafiz.

Ditanya terkait dengan prestasi selama menuntut ilmu di MAN PK 2 Mataram? Faishal mengaku berhasil keluar sebagai juara 2 dalam lomba debat Cerdas Cermat Islam (CCI). “Kalau perestasi saya pernah juara 2 debat Cerdas Cermat Islam (CCI) di SMANSA Mataram yang diadakan se-NTB saat duduk di kelas X,’’ terangnya.

Baca Juga :  Anjar Siswara, ASN Yang Nyambi Jadi Pemilah Sampah

Di Al-Azhar sendiri, ia mengambil jurusan Syari’ah. Sebab, masyarakat selalu membutuhkan pemahaman Fiqh yang baik. Sehingga dibutuhkan ahli yang menguasai bidang tersebut.


Saat ini, ada 26 alumni MAN 2 Mataram yang sedang menuntut ilmu di universitas tertua dunia ini. Selain lulus beasiswa dari pemerintah Mesir, Faishal juga lulus administrasi beasiswa Mesir dari Pengurus Nahdlatul Ulama. “Tapi saya ambil beasiswa Kedubes Mesir,’’ terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya sangat berterima kasih kepada bapak/ibu guru dan orang tua yang telah mendidik sehingga bisa mendapatkan beasiswa ke Mesir. “Pada intinya, saya bisa seperti ini tidak terlepas dari bimbingan kedua orang tua, bapak/ibu guru mulai dari sejak saya TK hingga menuntut ilmu di MAN PK 2 Mataram. Semoga bapak/ibu mendapatkan amal jariyah,’’ ucapnya. (*)

Komentar Anda