Listrik Padam, Simulasi UNBK Terganggu

TERGANGGU LISTRIK PADAM: Simulasi UNBK ketiga terganggu akibat pemadaman listrik. Nampak peserta menunggu listrik menyala kembali (NASRI/Radar Lombok)

MATARAM– Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang ketiga terganggu akibat pemadaman listrik Senin kemarin (13/3).

Listrik  se-pulau Lombok padam secara serentak sejak pagi hingga sore hari.  Kepala SMAN 1 Mataram sekaligus Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS)  SMA Kota Mataram H. Lalu Fatwir Uzali mengatakan,  pihaknya sempat resah akibat pemadaman listrik pada pelaksanaan simulasi UNBK ketiga ini. Akibat pemadaman ini simulasi menjadi terganggu. Konsentrasi peserta jadi terganggu.  “Sempat kami dibuat resah, karena listriknya tiba- tiba padam hingga berjam-jam,” katanya Senin kemarin (13/3).

Dijelaskannya, pemadaman tersebut terjadi tepat pada sesi kedua hingga tiga. Sesi pertama, simulasi berlangsung lancar. Setelah itu, pemadaman listrik terjadi sehingga simulasi sempat terhenti.

[postingan number=3 tag=”unbk”]

Menurut Fatwir,  karena ini masih sekedar simulasi  jadi pemadaman listrik ini ada hikmahnya  untuk persiapan  yang lebih matang lagi baik itu pihak pemda, Dikbud dan PLN, semua ini harus bersinergi dengan tepat.

Dia  berharap, supaya   Dikbud NTB dan PLN membahas masalah listrik ini agar tidak sampai ada pemadaman saat UNBK berlangsung nanti.  Pihak Dikbud bisa memastikan keteresediaan pasokan listrik ke PLN. Sekolah sendiri sebenarnya memiliki genset namun dayanya tidak mampu memenuhi kebutuhan listrik saat UNBK berlangsung.  “Kami sih cuma bisa berharap saja, supaya gubernur dan pihak Dikbud menginstruksikan supaya tidak terjadi lagi (pemadaman listrik) terutama pada hari H-nya (UNBK),” harap Fatwir.

Terpisah Kabid Pembinaan SMA Dikbud NTB H Surya Bahari justru meminta sekolah berkoordinasi dengan PLN  agar pemadaman listrik  diatur supaya tidak bentrok dengan jadwal pelaksanaan UNBK.  Pihak sekolah juga  diminta melakukan antisipasi dengan menyiapkan genset  di sekolahnya. Dengan demikian hal semacam ini akan bisa diatasinya. ”Adapun selain itu, kami  tetap akan koordinasi dengan pihak PLN,” katanya.

Sementara Deputy Manager Hukum dan Humas PLN Wilayah NTB Fitriah Adriana menyampaikan, pemadaman listrik akibat  terjadinya gangguan pada jaringan transmisi 150 kV di Lombok Timur. Dia  memastikan,  untuk pelaksanaan  UNBK dijamin tidak ada  pemadaman listrik yang seperti ini. “Peristiwa ini akan kami jadikan bahan evaluasi yang serius dan menyiapkan untuk lebih maksimal lagi,” tutupnya (cr-rie)