Ilham Resmi Dilantik Menjadi Pj Bupati Lobar

PELANTIKAN PJ BUPATI LOBAR: Penjabat (Pj) Gubernur NTB, H. Lalu Gita Ariadi, melantik H. Ilham sebagai Pj Bupati Lombok Barat (Lobar), bertempat di Aula Kantor Bupati Lobar, Selasa kemarin (23/4). (FAHMY/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG — Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi NTB, H Lalu Gita Ariadi resmi melantik Sekda Lombok Barat (Lobar), H Ilham sebagai Penjabat (Pj) Bupati Lobar, bertempat di Aula Kantor Bupati Lobar, Selasa kemarin (23/4/2024).

Dalam amanahnya, Pj Gubernur NTB mengingatkan kepada Pj Bupati Lobar, terkait dengan kewenangan yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh Pj Bupati. Dimana dalam pelantikan, Pj Bupati Lobar diingatkan untuk tidak boleh melakukan mutasi, dan tidak boleh melakukan pembatalan perizinan yang sudah diterbitkan oleh kepala daerah sebelumnya.

Pj Bupati Lobar lanjut Lalu Gita, boleh melakukan mutasi dengan catatan mendapatkan izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hadir dalam kegiatan pelantikan ini, Forkopimda Provinsi NTB, Forkopimda Kabupaten Lobar, Anggota DPRD Lobar, mantan Bupati Lobar, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda.

Dalam arahannya, Pj Gubernur NTB menyampaikan selamat kepada Ilham, yang telah dilantik sebagai Pj Bupati Lobar. Demikian Lalu Gita juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Hj. Sumiatun, Bupati Lobar sebelumnya.

Baca Juga :  Alasan Dua Kepala OPD Lepas Jabatan

Dikatakan, penjabat memiliki tugas penting yang salah satunya adalah mengawal pelaksanaan Pilkada serentak agar berjalan lancar dan kondsuif. “Salah satu tugas penting adalah menjaga kondusifitas daerah, sehingga perhelatan Pilkada serentak dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Lalu Gita.

Selain itu, yang juga menjadi tugas penting Pj Bupati Lobar adalah mengendalikan inflasi harga. Karena hal ini akan dipantau langsung oleh Kemendagri dalam Rakor yang dilaksanakan setiap hari Senin. Tentunya hal ini harus menjadi perhatian dan atensi para penjabat kepala daerah.

Lalu Gita juga meminta Pj Bupati Lobar dapat menguatkan program penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem di wilayah Lobar. Dimana disampaikan, bahwa Provinsi NTB memiliki pergerakan atau penurunan (stunting) yang progresif di tahun 2023 lalu.

“Banyak tugas yang harus dijalankan, tentunya harus tetap mengacu pada aturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik dan efektif,” ujarnya.

Baca Juga :  Terbukti Lakukan Kekerasan Seksual, Izin Ponpes Terancam Dicabut

Sementara itu, Pj Bupati Lobar, H Ilham menyampaikan bahwa pihaknya akan terus menguatkan kolaborasi dan kerjasama, serta sinergi dengan semua pihak dalam membangun Lombok Barat. Ia mengatakan berbagai keberhasilan yang telah diarih oleh Lombok Barat akan terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Menurut Ilham, dengan semangat kolaborasi dan kebersamaan, maka pembagunan di Lombok Barat akan berjalan dengan baik dan maksimal. “Kami akan terus menguatkan semangat kolaborasi dan sinergi untuk membangun Lombok Barat. Dengan semangat itu, tentu Lombok Barat akan semakin mantap dan maju,” tegasnya.

Ilham yang sebelumnya menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lombok Barat, dilantik menjadi Pj Bupati Lobar menggantikan Bupati Lobar, Hj Sumiatun yang masa jabatannya telah berakhir pada 23 April 2024.

Pelantikan Pj Bupati Lobar juga dirangkaikan dengan pelantikan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lobar, yang dijabat oleh Hj Erni Zuhara Ilham. Pelantikan dilakukan secara langsung oleh Pj Ketua TP PKK  Provinsi NTB, Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi. (ami)

Komentar Anda