Elektabilitas Lalu Aria Kalahkan Petahana

MATARAM – Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survei terbaru terkait tokoh potensial dalam pilkada Kota Mataram 2024. Dari hasil survei itu, nama H Lalu Aria Dharma BS ternyata bukan hanya dapat diterima masyarakat Kota Mataram. Lebih dari itu, Lalu Aria bahkan tercatat sebagai salah satu tokoh potensial jika maju dalam pilkada Kota Mataram 2024.

Direktur Eksekutif LKPI, Togu Lubis menjelaskan, dari hasil survei ada fakta menarik terkait keinginan warga Kota Mataram untuk memilih bakal calon wali kotanya. Menurut dia, hampir 63,8 persen menginginkan tokoh baru untuk memimpin kota Mataram. Kemudian, sebanyak 28,9 persen ingin wali kota dan wakil wali kota petahana untuk melanjutkan kepemimpinan. Sementara, sebanyak 7,3 persen tak menjawab.

Dia menuturkan dalam survei juga memotret tingkat kepuasan warga Kota Mataram terhadap kinerja pemerintah kota. Jawaban terbanyak responden 64,3 persen tak puas dengan tata kelola Kota Mataram yang dijalankan wali kota dan wakil wali kota sekarang ini. Kata Togu, hanya 31,8 persen yang puas dengan kinerja tata kelola kota Mataram saat ini. Kemudian, sebanyak 3,9 persen tidak puas.

Kemudian, dalam survei juga ditemukan tingkat elektabilitas dengan simulasi terbuka. Simulasi itu mengajukan pertanyaan kepada responden sebagai berikut. ‘’Seandainya pemilihan wali kota Mataram dilaksanakan hari ini. Siapa calon wali kota yang akan bapak ibu pilih?.’ “Hasilnya nama Lalu Aria Dharma yang menjabat sebagai sekretaris dewan jadi tokoh yang paling banyak diinginkan untuk memimpin Kota Mataram,” sebut Togu dalam keterangan rilisnya yang diterima Radar Lombok, Rabu (26/6).

Baca Juga :  310 PPPK Segera Terima SK Pengangkatan

Menurut dia, elektabilitas Lalu Aria secara top of mind mencapai 25,8 persen. Di urutan kedua, ada Wali Kota Mataram Mohan Roliskana yang dipilih sebanyak 21,7 ersen. Kemudian, Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman dipilih 17,9 persen. Berikutnya Hj. Putu Selly Andayani dipilih 8,7 persen.

Togu menambahkan untuk Ketua DPRD Kota Mataram Didi Sumardi 4,8 persén, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Mataram Abd Rahman 2,8 persen dan Direktur RSUD Provinsi NTB dr HL Herman Mahaputra 2,4 persen dan tokoh lainnya di bawah 1 persén.

Dalam simulasi tertutup diajukan 6 nama bakal calon wali kota Mataram. Pun, pertanyaan dalam simulasi tertutup itu yakni ; Tokoh mana yang jadi pilihan anda sebagai Wali Kota Mataram jika pilwakot digelar hari ini? Nama Lalu Aria Dharma dipilih sebanyak 30,7 persen. Adapun urutan kedua ada H Mohan Roliskana dipilih sebanyak 26,6 persen. Kemudian TGH Mujiburrahman dipilih sebanyak 20,8 persen dan Hj Selly Andayani dipilih sebanyak 9,3 persen, H Muzihir sebanyak 5,7 persen, dan Abd Rahman sebanyak 3,1 persen.

Tersebar di 50 kelurahan di Kota Mataram, responden itu secara proposional berdasarkan Daftar Pemilih Tetap pemilu 2024. Sementara, penarikan data dalam survei ini mengunakan metode multistage random sampling. Survei memiliki margin of error 2,77 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei LKPI dilakukan sejak 11 Juni sampai 22 Juni 2024.

Ia menilai naiknya elektabilitas Sekretaris DPRD Kota Mataram, Lalu Aria Dharma sebagai bakal calon wali kota Mataram karena  masyarakat ingin adanya perubahan. Kata dia, perubahan itu terkait aspek ekonomi. ‘’Mereka lebih cenderung pemimpin baru seperti Lalu Aria Dharma yang menjadi pilihan masyarakat Kota Mataram karena mereka lebih merasa sosok Sekwan itu mampu membawa perubahan,’’ sebutnya.

Baca Juga :  TGB Minta Perindo NTB Tak Terpengaruh Isu Pergantian

          Secara perlahan-lahan HL Aria terus intens turun ke 325 lingkungan di Kota Mataram di enam kecamatan. 50 kelurahan sudah terbentuk tim kecil, serta terus aktif sosialisasi. Aria merupakan birokrat yang berani muncul di Kota Mataram sesuai dengan dorongan warga selama ini yang sudah merasakan kejenuhan.

Tim Kampaye HL Aria Dharma, Sofian Assauri menyebutkan, saat ini tetap rendah diri dan HL Aria dan jumawa. Sesuai hasil survei dari lembagai kredibel yakni, Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis survei terbarunya terkait elektabilitas dan popularitas bakal calon wali kota Mataram.  Hasil survei HL Aria moncernya elektabilitas mengalahkan petahanan. ‘’Kita sambut baik hasil survei di tengah komunikasi semua parpol sedang berjalan. Seperti PKS, Gerindra, Demokrat, PDI Perjuangan. Kami tegas disini dorongan masyarakat yang ingin perubahan,’’ katanya.

Dorongan terus mengalir termasuk dari jamaah pengajian, secara aktif turun di mayasrakat melakukan sosialisasi. Menyuarakan  perubahan di Kota Mataram saat ini, banyak aspek yang belum merata. Dari segi pembangunan, pemberdayan masyarakat, kenyamanan serta penataan birokrasi. Masih banyak kejanggalan dalam birokrasi selama berlangsungnya dinasti puluhan tahun. (dir)

Komentar Anda