Abdul Rachman Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Kota Mataram

PELANTIKAN: Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, Abd Rachman saat mengucapkan sumpah janji jabatan, Senin (11/7).

MATARAM—Pelantikan Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, Abd. Rachman berlangsung sederhana, namun tetap khidmat. Itu setelah melalui berbagai proses yan cukup panjang, akhirnya surat keputusan (SK) Gubernur NTB keluar juga. Dimana Rachman menggantikan I Gde Sudiarta menjadi Wakil ketua DPRD Kota Mataram dari Partai Gerindra.

Acara pelantikan berlangsung di Ball Room Lombok Raya. Ketua DPRD Kota Mataram, H Didi Sumardi langsung memimpin sidang paripurna pengucapan sumpah jabatan. Hadir Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana, Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman, Sekda Kota Mataram H Effendi Eko Saswito, serta pejabat pemkot Mataram.

Didi menyebutkan, proses pembahasan dari awal sudah berlangsung sampai terbitnya SK Gubernur NTB. “Semua proses sudah berjalan, mulai dari usulan bulan Mei lalu, sesuai dengan aturan yang ada,” katanya, Senin kemarin (7/11).

Proses pergantian antar waktu (PAW) unsur pimpinan Wakil Ketua dari Fraksi Gerindra di DPRD Kota Mataram, juga berjalan dengan kondusif. Semua itu berkat koordinasi intens yang dilakukan selama ini. Dimana Partai Gerindra merupakan partai pemenang Pileg kedua di tahun 2019 lalu, di Kota Mataram.

Baca Juga :  Tempat Hiburan Malam Minim Pengawasan

Dengan telah ditetapkannya Wakil Ketua, maka Didi menyebutkan beberapa agenda di DPRD tetap berjalan sesuai dengan tata tertib (Tatib). Selain pelaksanaan pelantikan juga sudah dijadwalkan dari sebelumnya. Dan Pimpinan di DPRD Kota Mataram menjalin koordinasi dengan Eksekutif. Semua proses sudah berjalan, dari awal sudah ada pembahasan dan penyampaian melalui sidang paripurna tentang Pergantian Antar Waktu (PAW) unsur pimpinan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Mataram Abd Rachman mengatakan, amanah baru yang didapuk saat ini merupakan perintah dari DPP Gerindra. Salah satuya, untuk kesejahteraan masyarakat. Karena prinsip partai yakni memperjuangkan hak-hak masyarakat di Kota Mataram. “Komunikasi terus berjalan di internal Fraksi Gerindra, dan kekompakan tetap dijaga,” katanya.

Baca Juga :  Satpol PP Bubarkan Pesta Miras di Jalan Tohpati

Sementara itu, Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mengatakan, semua tentu menyadari proses hingga terbitnya SK, pergantian unsur pimpinan ini telah didasarkan pertimbangan situasi dan kondisi, serta bermuara pada tujuan konsolidasi yang kuat, dan memahami bahwa peristiwa PAW merupakan hal yang biasa terjadi.

Karena itu sambung Mohan, proses ini harus dipandang sebagai dinamika yang memperkaya perjalanan dalam mengemban amanah sebagai wakil rakyat. Demikian koordinasi yang baik tetap terjalin antara eksekutif dan legislatif selama ini. Berbagai tantangan dihadapi bersama, terutama pandemi yang melanda  kurang lebih dua tahun lamanya.

“Saya ucapkan selamat atas selesainya proses pengucapan sumpah Pergantian Antar Waktu (PAW), Wakil Ketua DPRD Kota Mataram dari saudara I Gde Sudiarta, kepada saudara Abd Rachman,” ujar Wali Kota. (dir)