Duta Besar Azerbaijan Kunjungi Taman Narmada

BERKUNJUNG : Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia, Jalal Mirzayev, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lombok Barat dan sempat berkunjung ke Taman Narmada kemarin. (IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia, Jalal Mirzayev,  melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lombok Barat. Sebelum bertemu Bupati H. Fauzan Khalid, Mirzayev mengunjungi salah satu destinasi wisata yakni Taman Narmada, Kamis (26/11).

Selama hampir satu jam, Jalal didampingi Kepala Dinas Pariwisata H. Saepul Akhkam mengelilingi taman seluas hampir 7 hektar tersebut. Kunjungan ini juga menjadi area pembanding harmoni, pluralusme di Indonesia.

Di Taman Narmada, ia juga menikmati sajian pagelaran kesenian yang menampilkan musik kolaborasi antara gamelan, gendang beleq, musik modern, serta harmonisasi tari rebong dan fashion show baju adat sasak. Atraksi semacam ini akan lebih sering digelar Dispar Lobar tidak hanya di Taman Narmada, tapi juga di berbagai kawasan seperti Lingsar, Senggigi, Sekotong, Gerung, dan lainnya.”Ini adalah kunjungan pertama saya ke Lombok. Saya suka tempat ini dan saya suka musiknya. Dan kita melakukan atau mengelilingi tempat ini serta kita mendiskusikan beberapa hal tentang kemungkinan investasi antara Pemerintah Azerbaijan dan pemerintah di sini. Jadi saya sangat senang berada disini dan menjadi kebanggaan bagi saya berada di sini. Insya Allah di masa yang akan datang saya bisa datang dan mengeksplor Lombok,” ungkapnya.

Jalal berjanji akan melakukan yang terbaik untuk memperkuat kerjasama dengan Pemkab Lobar.”Insya Allah tahun depan saya dapat melakukan perjalanan atau lawatan lagi dan kita dapat mendiskusikan secara detail apa yang akan kita lakukan,” ujarnya.

Kedatangan duta besar Jalal sangat diapresiasi. Akhkam berharap kunjungan Jalal dapat menjadi angin segar di sektor pariwisata Lobar kedepan. Apalagi Jalal dan rombongan direncanakan dapat menyempatkan diri mengunjungi kawasan Sekotong sehingga nanti pemikirannya untuk menarik minat investor dari Azerbaijan semakin terbuka. “Banyak hal yang kita diskusikan, ini menjadi kunjungan yang sangat luar biasa bagi Pemkab Lobar. Kami kemudian memfasilitasi bertemu dengan bupati, Kamar Dagang Indonesia (Kadin), bertemu juga dengan OPD, dimana kemudian ada pembicaraan-pembicaraan yang sangat penting untuk membangun kerjasama baik di bidang investasi, pendidikan kemudian ekonomi. Terutama pengembangan pariwisata ke depan, di mana memang negara Azerbaijan ini memiliki sejarah cukup panjang di bidang keintelelektual keislaman. Tentu dengan 97 persen warga yang muslim, kita lebih dari 87-92 persen adalah muslim, itu menjadi penguat untuk membangun kerjasama kepariwisataan,” terang Akhkam. Ahkam berharap duta besar bisa sekaligus  meng-endorse pariwisata Lombok Barat.(ami)