Alunan Budaya Peringgasela Diusulkan Masuk Kalender Pariwisata Nasional

ALUNAN BUDAYA PRINGGASELA: Event Alunan Budaya Pringgasela (Lotim) telah diusulkan ke Provinsi NTB, agar diusulkan masuk kalender event Nasional.(DOK/RADAR LOMBOK)


SELONG—Dari puluhan event yang masuk dalam kalender event parawisata Kabupaten Lombok Timur (Lotim), event Alunan Budaya Desa Peringgasela satu-satunya event budaya Lombok Timur yang diusulkan masuk kalender nasional.


“Event Alunan Budaya Peringgasela saat ini sedang proses diusulkan masuk kalender event nasional. Kita yang mengusulkan di provinsi, kemudian provinsi yang akan mengusulkan ke nasional,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur, Iswan Rakhmadi.


Event Alunan Budaya Peringgasela memiliki sisi yang sangat kuat dalam pengembangan ekonomi kreatif, dengan adanya pengembangan kerajinan kain tenun tradisional khas Peringgasela.
“Pengembanga kain tradisional ini menjadi sisi yang sangat kuat untuk pengembangan ekonomi kreatif sehingga event ini sangat layak untuk masuk di kalender event nasional,” tegasnya.
Selain event Alunan Budaya Peringgasela, dua event Lombok Timur saat ini juga tengah masuk di kalender event Provinsi NTB, yakni event Pesona Gumi Selaparang dan J Rock Sembalun.


Masuknya event Pesona Gumi Selaparang di kalender event Provinsi NTB, diakuinya menjadi tantangan bagi Dispar Lombok Timur, untuk berbenah dan mempersiapkan diri untuk menyukseskan event ini.
“Pesona Budaya Gumi Selaparang ini akan kita lakukan nanti bulan Juli 2023. Berbagai hal harus kita persiapkan baik dari kegiatannya, wisata yang akan kita tampilkan kelengkapannya, itu yang menjadi penekanan saya kepada teman-teman. Ini betul-betul kita persiapan agar event ini layak dikatakan sebagai event provinsi,” tutupnya. (lie)

Komentar Anda