Pendaftaran Sekda Dibuka Pekan Depan

DERY HARJAN/RADAR LOMBOK (Anding Duwi Cahyadi)

TANJUNG–Seleksi jabatan sekretaris daerah (sekda) KLU akan mulai dibuka pekan depan.
Penjabat Sekda KLU Anding Duwi Cahyadi mengatakan, BKPSDM KLU telah berkoordinasi dengan BKPSDM NTB dan juga dengan KASN untuk melaksanakan penjaringan sekda. “Jadi silakan yang memenuhi persyaratan bisa mendaftar,” ungkap Asisten III Setda KLU ini.


Terkait apakah dirinya juga ikut mendaftar, Anding mengaku pasti ikut. Sebab dari segi persyaratan ia sudah layak untuk ikut. “Insyaallah ikutlah, tidak boleh tidak,” jelasnya.
Kepala BKPSDM KLU Tri Darma Sudiana mengatakan bahwa panitia seleksi (pansel) penjaringan sekda sudah terbentuk, terdiri dari 5 orang, yakni dari akademisi, praktisi dan juga birokrat. Antara lain oleh Guru Besar Hukum Tata Negara dan Administrasi Negara Prof Galang Asmara dari Universitas Mataram.


Pansel ini sudah mulai bekerja dengan diawali penyusunan tahapan penjaringan. Jika tidak ada kendala pendaftaran akan dimulai pekan depan. “Nanti kita akan umumkan. Jadi silakan siapa saja boleh mendaftar karena ini terbuka untuk umum,” bebernya.
Secara regulasi calon sekda setidaknya menduduki jabatan eselon II, sehat jasmani dan rohani serta usianya tidak lebih dari 56 tahun. “Itu saja syarat pokoknya. Kalau terkait sertifikat PIM 2 itu tidak wajib,” bebernya.


Setelah ada yang mendaftar, tim pansel akan melakukan penjaringan pejabat yang memenuhi persyaratan. Tetapi yang jelas, pansel ini tidak hanya membuka pendaftaran jabatan sekda, melainkan juga sejumlah jabatan eselon II yang lowong seperti Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, dan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.
“Kemungkinan seperti itu tetapi nanti kita lihat seperti apa petunjuk pimpinan. Yang jelas akan difokuskan dulu untuk pansel sekda,” tutupnya. (der)

Komentar Anda