Penataan Ekas Tetap Dilanjutkan

POTENSI WISATA : Ekas punya banyak potensi wisata. Salah satunya kawasan Pantai Kura Kura (Radar Lombok)

SELONG –  Pemkab Lombok Timur sejak tahun lalu melakukan penataan kawasan Ekas Kecamatan Jerowaru. Termasuk melakukan relokasi rumah warga yang lokasinya dekat dengan bibir pantai. Warga dibangunkan rumah di tempat baru. Pembangunan rumah telah dimulai sejak tahun lalu, dan tahun ini kembali dilanjutkan. Namun untuk pembangunan sendiri  akan dilanjutkan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Kepala Dinas Perkim  Lotim, Sahri, mengatakan,  penataan kawasan Ekas Kecamatan Jerowaru akan tetap diteruskan. Dari 66 rumah yang akan dibangun sampai saat ini pihaknya baru menyelesaikan sebanyak 13 unit.”   Sisanya akan dikerjakan dalam giat TMMD,” terang Sahri, kemarin.

Baca Juga :  Lombok Timur Juara Umum AISO 2023

Lebih lanjut disampaikan, pembenahan daerah pemukiman akan terus diupayakan oleh Pemkab Lotim. Terutama di kawasan Ekas Jerowaru.  Penataan kawasan tersebut terangnya, juga akan disesuaikan dengan kemampuan daerah.  Satu unit rumah menghabiskan anggaran yang cukup besar. Namun di tahun ini beruntung penanganannya melibatkan TNI melalui program TMMD.” Biaya per rumah itu Rp 50 juta.   Yaitu dengan  luas lahan tempat bangunan ditetapkan 2 are. Setiap rumah luas bangunannya 4×6 meter,” terang Sahri.

Baca Juga :  Mahasiswa Tewas di Posko KKN

Selain pembangunan kawasan pemukiman di wilayah Ekas, Pemkab Lotim juga akan melakukan penataan kawasan pemukiman yang ada di wilayah destinasi wisata bale mangrove yang ada di Kecamatan Jerowaru. Dengan cara itu maka tempat tersebut nantinya tempat tersebut akan ramai di kunjungi wisatawan.(lie)

Komentar Anda