Zakaria Boyong Dua Emas di Ajang SOWSG Jerman

BOYONG EMAS “ Inilah atlet bertalenta khusus NTB, Zakaria yang berhasil boyong dua emas di ajang SOWSG Berlin, Jerman. (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM – Penampilan gemilang atlet bertalenta khusus asal NTB, Zakaria sukses mengibarkan sang merah putih di ajang Special Olympics World Summer Games (SOWSG) Berlin, Jerman 2023, 17-25 Juni.

Zakaria kibarkan merah putih setelah berhasil amankan dua medali emas sekaligus di cabor Atletik. Dua medali emas itu di dapat dari dua nomor yang berbeda, yakni nomor 100 m putra catatan waktu 11.25 detik dan 400 m putra dengan waktu 50.48 detik.

“Alhamdulillah atlet kebanggaan kita berhasil amankan dua medali emas sekaligus. Ini sejarah baru buat NTB,” ujar Ketua Pengprov Special Olimpyc Indonesia (SOIna) NTB, H Andy Hadianto, Minggu (25/6).

Dikatakannya, pada ajang SOWSG yang berlangsung di Berlin itu, Zakaria di plot turun di tiga nomor pertandingan. Diantaranya, Nomor 100 m, 400 m, dan 4×100. Namun hanya di nomor 4×100 saja tidak persembahkan medali, lantaran salah satu pasangannya pingsan saat berlaga.

Kendati begitu, mantan Ketua KONI NTB dua periode ini menyebut penampilan Zakaria luar biasa. Karena berjuang di kancah internasional tidaklah mudah. Pasalnya, pesaingnya cukup banyak, hampir seluruh dunia.

Baca Juga :  Dua Tim Estafet Bawa Pulang Medali di Ajang Jabar Open

“Dua emas itu luar biasa. Raihan ini tidak mudah. Terimakasih banyak kami ucapkan buat dua pelatihnya, Balqis Ratu NL Esser dan Komang Budagama serta orang tuanya Zakaria,” bebernya.

Andy yang didampingi Istrinya, Siti Malika di Berlin memantau sekaligus menyaksikan penampilan para atlet bertalenta khusus NTB mengaku sangat terharu. Bagaimana tidak, untuk pertama kalinya anak muda NTB kibarkan Merah Putih dan berhasil meraih medali emas di cabor atletik di 100m dan 400m Special Olympics 2023 di Berlin.

“Alhamdulillah hasil ini berkat ketulusan kami dalam membina para atlet bertalenta khusus kita di NTB,” ucapnya penuh syukur.

Sebelumnya, NTB tercatat pernah mengirim atletnya sebagai wakil Indonesia di Special Olympic World Summer Games. Tepatnya pada Special Olympic World Summer Games Shanghai, 2007. Saat itu atlet atletik Sistyawati asal Mataram jadi atlet NTB yang memperkuat Indonesia.

Baca Juga :  Gubernur Pastikan Porprov XI Siap Digelar Februari 2023

Setelah itu, NTB kembali meloloskan wakilnya untuk membela Indonesia di Special Olympic World Summer Games Yunani, 2011. Atlet atletik NTB Agus Wiranata berhasil meraih tiga medali. Dua medali perak dan satu medali perunggu. Agus meraih medali di tiga nomor pertandingan, 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

Sementara itu, Pelatih Zakaria, Balqis Ratu NL Esser mengatakan, proses latihan dan pembinaan yang dijalankan SOIna NTB membuahkan hasil yang nyaris sempurna. Keberhasilan Zakaria ini merupakan sejarah baru buat NTB.

Penempaan di Pelatnas maupun saat berlatih di NTB juga berbuah manis. Meskipun proses latihan yang dilaluinya penuh lika likunya, karena yang ditangani adalah atlet berkebutuhan khusus.

“Yang kita latih ini anak spesial, artinya tingkat kesulitannya tinggi dalam memahami karakter atlet. Tapi syukur, akhirnya hasil yang ditoreh sangat memuaskan,” tutupnya. (rie)

Komentar Anda