PLN Siapkan Skenario Zero Down Time untuk FIM Asia Road Racing Championship 2023

ZERO DOWN TIME: Dukung kesuksesan event FIM Asia Road Racing Championship 2023 di Sirkuit Mandalika, PLN NTB kembali siapkan skenario layanan listrik tanpa kedip atau zero down time.

PRAYA–Setelah sukses dengan gelaran World Superbike 2023 dan MotoGP 2022, Mandalika kembali ditunjuk sebagai tuan rumah FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 Round 4. PLN kembali berkomitmen menghadirkan layanan listrik tanpa kedip atau Zero Down Time (ZDT) untuk menyukseskan ajang balap motor internasional yang dihelat mulai hari ini hingga 13 Agustus 2023 mendatang.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo menjelaskan PLN telah siap 100% di lapangan. Ketersediaan daya pembangkit, pengaturan sistem operasi dan keandalan jaringan transmisi 150 kV dan distribusi 20kV dipastikan aman dan andal untuk melistriki event balap motor tersebut.

“Skenario ZDT untuk ARRC 2023 ini merupakan pengembangan dari skenario yang kami implementasikan pada event sebelumnya. Tentunya ini semakin meningkatkan keandalan suplai listrik selama event berlangsung”, jelas Djarwo.

Djarwo menjelaskan kegiatan pemeliharaan pada jalur yang akan menyuplai Mandalika juga telah dilakukan jauh jauh hari. Tiga jalur suplai kelistrikan untuk sirkuit Mandalika juga telah dipersiapkan keandalannya.

Baca Juga :  Komisi VI DPR Apresiasi PLN Siapkan Listrik Masa Mudik 2023 Lebih Dini, Lebih Baik dan Lebih Antisipatif

Jalur Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) Mandalika 1 dan SKTM Mandalika 2 yang disuplai dari Gardu Induk (GI) Kuta dan jalur Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) jenis Medium Voltage Twisted Insulated Cable Mandalika (MVTIC) yang disuplai dari GI Sengkol siap melistriki seluruh event yang digelar di Mandalika.

Dalam ARRC 2023 ini, PLN menyiapkan puluhan personel yang akan siaga di beberapa titik lokasi. Utilitas pendukung seperti trafo mobile kapasitas 400 kV juga telah berada di lokasi sirkuit. Secara umum, PLN menyuplai daya listrik sama dengan pelaksanaan event sebelumnya, yakni sebesar 5,19 MVA.

”Apabila dibutuhkan, kami siap dengan berapapun daya yang dibutuhkan. Tidak hanya event ARRC 2023, namun untuk seluruh gelaran event yang akan digelar di NTB”, tutur Djarwo.

Baca Juga :  PON XX Papua Resmi Ditutup Wapres Ma'ruf Amin

Di sisi ketersediaan daya, kondisi sistem kelistrikan Lombok saat ini memiliki daya mampu sebesar 320 megawatt (MW) dengan beban puncak di siang hari yakni pada saat pelaksanaan event sebesar 220 MW. Masih terdapat cadangan daya sebesar 100 MW yang dapat dioptimalkan.

Sebelumnya, PLN telah sukses menghadirkan suplai listrik andal tanpa kedip di Mandalika untuk gelaran Idemitsu Asia Talent Cup 2021, WSBK 2021, WSBK 2022, MXGP 2022, MotoGP 2022 dan WSBK 2023.

”Ikhtiar kami untuk terus memberikan layanan terbaik, menghadirkan event yang spekatuler di NTB. Tak henti kami mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat agar ARRC 2023 dapat berjalan aman dan lancar, dengan pasokan listrik yang andal dari PLN,” tutup Djarwo. (rl)

Komentar Anda