Pimpin Apel Satkamling 2023, Kapolda NTB: Kerjasama Itu Komunikasi

SATKAMLING: Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto, menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba Satkamling 2023.

MATARAM–Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) NTB Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto memimpin Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) Polda NTB tahun 2023 yang diselenggarakan di Lapangan Tribun Bhara Daksa Polda NTB, (21/06/2023).

Apel dengan tema “Revitalisasi Satkamling dalam rangka Harkamtibmas menjelang Pemilu tahun 2024” ini dihadiri oleh Sekda Pemprov NTB, Ketua DPRD NTB, PJU Korem 162/WB, PJU Polda NTB, Danlanud ZAM, Danlanal Mataram, Kajati, NTB, Kajari NTB, Kasat Pol PP NTB, Kapolres Se Pulau Lombok, perwakilan Pamswakarsa, serta Perwakilan Tokoh Agama dan Masyarakat.

Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto dalam keterangan persnya menyebutkan kegiatan Apel Satkamling dilaksanakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke 77 tahun 2023 untuk memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh masyarakat NTB.

Ia menjelaskan kutipan yang disampaikan Kapolri dalam amanatnya, bahwasanya Kapolri ingin meningkatkan apa yang sudah ada selama ini. Dikatakan Kapolda NTB Satkamling merupakan bentuk kerjasama masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat di wilayah masing-masing.

“Satkamling adalah kebutuhan kita bersama, oleh karena itu harus kita laksanakan secara bersama-sama pula,” jelas Jenderal bintang dua itu.

Baca Juga :  Pedagang Minta Diborong Rp 150 Ribu, Wakapolda NTB Bayar Rp 500 Ribu

Ia pun membeberkan sejarah jelas bahwa Kerjasama itu adalah Komunikasi, maka yang diharapkan saat ini komunikasi itu ditingkatkan agar keamanan itu tercipta dengan baik.

Pertanyaannya lanjut Kapolda, apakah saat ini keamanan kurang baik ? Jawabnya tidak, hanya saja perlu ditingkatkan agar jauh lebih baik lagi.

Pria asal Pekalongan Jawa Tengah ini juga mengingatkan kepada semua masyarakat bahwa kedepan ada tugas berat yang musti kita hadapi salah satunya Pemilu 2024. Kemudian fakta yang didapat bahwa banyak Calon Pekerja Migran kita yang menjadi korban dalam Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), maka peran Satkamling cukup besar dalam melakukan upaya pencegahan.

“Maka ini harus dilakukan dengan kerjasama baik pemerintah, Polri TNI maupun masyarakat,” tegasnya.

Terkait Lomba Satkamling yang dilaksanakan Polda NTB merupakan Motivasi yang diperuntukkan kepada seluruh lingkungan masyarakat. Motivasi ini diharapkan akan tergerak untuk melakukan yang lebih baik lagi.

Maka dengan memberikan reward atau penghargaan kepada Satkamling baik kepada yang juara maupun yang tidak akan menimbulkan semangat atau motivasi untuk berbuat lebih baik.

Baca Juga :  Pisah Sambut Kapolda NTB yang Awalnya Meriah, Berakhir Penuh Haru

“Yang meraih juara tentu akan mempertahankan apa yang telah dicapainya, dan yang tidak mendapatkan juara maka akan muncul rasa ingin mendapatkan seperti apa yang diperoleh sang juara,”ucapnya.

Ia sangat berharap dengan apa yang sudah diperoleh saat ini agar terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan.

Sementara itu Pemenang lomba Sat Kamling tingkat Polda NTB tahun 2023 : Juara Pertama (I) diraih Polres Sumbawa, Polsek Sumbawa, nama Pos Kamling RW 05 Kelurahan Pekat, dengan Pembina Teknis Bhabinkamtibmas Kelurahan Pekat Bripka Ari Tri Yuswanto.

Kemudian Juara kedua (II) Polres Lombok Timur, Polsek Pringgabaya, nama Pos kamling Serbu, Dusun Sasak Desa Seruni Mumbul dengan Pembina Teknis Bhabinkamtibmas Desa Seruni Mumbul Bripka Sony Ikhwandi.

Sedangkan Juara Ketiga III : Polres Bima Kota, Polsek Mpunda, nama Pos kamling Lewilanc, Kelurahan Penatoi, dengan Pembinaan teknis AKP Sulaiman. (rl)

Komentar Anda