Lalu Lintas Lancar Selama WSBK, Polda NTB Siap Sambut Moto GP 2022

REKAYASA LALU LINTAS: Rekayasa Lalulintas yang diterapkan Polda NTB sukses diterapkan, sehingga membuat event WSBK di Sirkuit Mandalika berjalan aman dan lancar. (ist for radarlombok)

MATARAM–Pelaksanaan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, NTB, yang berakhir pada Minggu (21/11), menuai kesuksesan. Kelancaran lomba balap internasional itu berhasil diikuti dengan keamanan, kepatuhan protokol kesehatan, sekaligus meningkatkan ekonomi, dan wisata.

Pengaturan lalu lintas sebelum pelaksanaan WSBK sampai setelah pelaksanaan, semua berjalan dengan baik. “Tidak ada kecelakaan maupun kemacetan yang terjadi. Pelaksanaan Operasi Mandalika Rinjani 2021 berjalan baik. Demikian setiap anggota telah menjalankan tugasnya dengan baik,” kata Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal melalui Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo S.I.K kepada media di Mataram, Senin (22/11).

“Strategi rekayasa lalu lintas sangat membantu kelancaran arus lalu lintas baik saat penonton berangkat maupun pada saat kembali. Traffic Manajemen kami pantau melalui Command Center yang kami sediakan di Posko Mandalika dengan pantauan CCTV di beberapa titik,” terang Djoni Widodo.

BACA JUGA :  Polda NTB Dorong Pemda Bentuk Satgas Terpadu Penanganan Konflik Sosial

Ketika kegiatan Wolrd Superbike di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mulai berlangsung. Pihak aparat melakukan penyekatan jalan masuk menuju area balapan di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Jumat, 19 November 2020.

Berdasar pantauan, aparat gabungan TNI, Polri dan Dinas Perhubungan telah mulai disebar di beberapa titik. Seperti halnya di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, mulai dari jalan pintu masuk Bandara Lombok mulai dijaga aparat, termasuk jalan Bypass BIL menuju Mandalika.

Jumlah personel yang akan dilibatkan 3.600, termasuk anggota Polres jajaran, anggota TNI, Dinas Perhubungan di-backup personel dari Mabes Polri sebanyak 408 personel.

Sementara Ketua Lembaga Masyarakat Peduli Keselamatan Berkendara (MPKB), H Zulkipli, SE. MM, menyampaikan apresiasinya kepada aparat yang telah sukses memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

“Dari pengalaman dalam pelaksanaan pengaturan lalu lintas selama pelaksanaan WSBK ini, kami melihat Polda NTB pasti sudah lebih siap saat pelaksanaan MotoGP nanti di bulan Maret 2022,” ujar Zulkipli.

BACA JUGA :  Depan Kapolda, Bupati Sebut KLU Daerah Teraman

Sebagai masyarakat, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal, yang telah berhasil memelihara kondusifitas jalan raya.

“Saya melihat sendiri, setelah subuh, para petugas telah mulai berjaga di Posko mereka. Kesuksesan ini karena kebersamaan semua elemen masyarakat di Nusa Tenggara Barat,” ujar Zulkipli.

Menurut laporan dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Penyelenggara WSBK dan MotoGP, DORNA Sport, turut mengapresiasi jalur balap dan konfigurasi desain sirkuit Pertamina Mandalika.

Setelah penyelenggaraan WSBK, Sirkuit Pertamina Mandalika yang merupakan satu-satunya “street circuit” di dunia, akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP pada bulan Maret 2022 mendatang. (RL)