Cari Aman Naik Motor Ingat Pakai Tiga Barang Wajib ini

Perlengkapan saat mengendarai sepeda motor, agar tetap aman dan nyaman selama di perjalanan.

MATARAM  – Jika sehari-hari pengendara sepeda motor Honda NTB memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, tentunya wajib menggunakan kelengkapan standar keselamatan berkendara untuk roda dua. Kelengkapan standar ini selain membuat aman juga dan nyaman, tentunya bisa menyelamatkan pengendara sepeda motor Honda NTB dari berbagai kejadian yang tidak diinginkan. Selain itu penerapan safety riding atau perlengkapan keselamatan sepeda motor ini sudah diatur di dalam peraturan undang – undang yang wajib ditaati oleh pengendara sepeda motor.

“Utamakan berkendara dengan aman dan nyaman dengan memakai perlengkapan sepeda motor yang sesuai dengan standar keamanan yang sudah ditentukan. Kebiasaan berkendara dengan menggunakan perlengkapan keamanan standar akan membuat pengendara dan orang disekitar Anda tetap aman saat berkendara. Paling wajib gunakan 3 perlengkapan safety riding yang meliputi helm, jaket dan sepatu. Ini akan meminimaliris cedera pada permukan tubuh pengendara,” jelas Satria Wiman Jaya, Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB.

Baca Juga :  Meriahkan HUT Satpam, Astra Motor NTB Bekali Ilmu #Cari_Aman

Menurut Satria, bahwa penggunaan helm sangat membantu melindungi diri dari segala benturan yang mungkin terjadi. Salah satu perlengkapan yang wajib bagi pengendara sepeda motor ini sangat dianjurkan dan diwajibkan juga pemakaian helm standar nasional, di mana pengendara memang harus memilih dan memakai helm yang memiliki standar yang sudah diuji. Tidak diperbolehkan penggunaan helm – helm jenis helm proyek ataupun helm – helm sejenisnya.

Penggunaan jaket bisa berjenis macam-macam. Boleh jaket berbahan kulit atau jaket tebal lainnya. Jaket dapat melindungi permukaan kulit pengendara dari kerikil, debu dan juga gangguan lainnya dalam kecepatan relatif tinggi akan sangat mengganggu. Dengan menggunakan jaket tebal ini diharapkan bisa mengurangi dampak negatif yang terjadi. Namun jika berkendara di siang hari, Anda bisa menggunakan jaket berbahan tahan angin yang dapat menyerap keringat.

Baca Juga :  Honda NTB Gandeng Pelajar Jadi Duta Keselamatan Berkendara

Terakhir yaitu penggunaan sepatu. Sepatu merupakan pelindung kaki yang sangat efektif untuk melindungi kaki dari berbagai gangguan yang terjadi saat mengendarai kendaraan roda dua. Gangguan dari kerikil atau panasnya matahari dan juga dinginnya hujan tidak akan mempan terhadap kaki yang memakai sepatu. Penggunaan sepatu juga dapat menambah tampilan fasion sang pengendara.

“Semoga tips ini dapat membantu pengendara sepeda motor agar saat berlendara tetap merasa aman, nyaman dan tentunya tetap tampil stylish. Utamakan safety untuk diri sendiri dan pengendara lain ya. Yuk Selalu #Cari_Aman dimanapun dan kapanpun ya semeton Honda NTB,” tutup Satria. (luk)

 

Komentar Anda