Baru 217 Jemaah Lunasi BIPIH 2024

HAJI: Jemaah calon haji asal Lombok Barat pada pemberangkatan tahun lalu. (DOK/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Jemaah yang sudah mendaftar haji diminta melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji ( BIPIH) tahun 2024. Tahun ini ada 948 orang yang diberikan kesempatan untuk melunasi BIPIH. Mereka ini adalah jemaah yang sudah mendaftar antara tahun 2011 dan 2012, dimana jumlahnya sekitar 948 orang jumlah ini termasuk mereka yang masuk kategori jemaah cadangan.” Jumlah yang diminta melunasi sebanyak 948 orang termasuk dengan yang cadangan, ” kata Hj. Lale Puspasari, Plt Kasi PHU Kantor Kemenag Lombok Barat, Jumat (2/2).

Hingga tanggal 2 Februari pukul 15.19 wita jumlah yang melakukan pelunasan sebanyak 217 orang sebagaimana yang tertera dalam siskohat, dimana dalam pelunasan tahun ini masyarakat yang keluar namanya untuk melakukan pelunasan harus melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Jika dalam pemeriksaan kesehatan dinyatakan tidak sehat (istishaah) maka mereka diberikan kesempatan untuk melakukan pelunasan BIPIH pada tahap kedua nanti. ” Sebelum melakukan pelunasan harus ada surat surat hasil pemeriksaan kesehatan atau Istishaah, ” jelasnya.

Dirincikan olehnya, dari jumlah sekitar 800 yang harus pelunasan ini, sebanyak 600 orang merupakan calon yang sudah masuk sesuai urutan porsi, kemudian ada 30 orang katagori lansia, dan sebanyak 236 orang masuk katagori cadangan. Hingga saat ini informasi pelunasan BIPIH untuk tahap pertama akan berakhir pada 12 Februari 2024 mendatang. ” Pelunasan tahap pertama akan berakhir 12 Februari nanti, ” paparnya.

Selanjutnya dari pihak Kemenag akan membuka lagi jadwal untuk pelunasan tahap kedua yang jadwal belum dikeluarkan oleh pihak Kemenag.
Untuk diketahui untuk besaran biaya penyelenggaraan ibadah haji (BIPIH) sudah diumumkan dan naik menjadi Rp 58.630.888. Jika setoran awal oleh jamaah Rp 25 juta, maka jamaah harus menambah sebesar Rp 33.630.888.(ami)

Komentar Anda