Sukses Layani Pemberangkatan 393 JCH Kloter VI, Kemenkumham NTB Terapkan One Stop Service Ramah Lansia

MATARAM–Petugas Kanwil Kemenkumaham NTB dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram yang tergabung dalam satgas pemberangkatan Jemaah Calon Haji, berhasil melaksanakan pemberangkatan Jemaah Embarkasi Lombok Kloter VI 2024M/1445H dengan lancar, pada Sabtu (18/5) di Aula Bir Ali II Asrama Haji NTB.

Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan hadir langsung di lokasi guna memastikan lancarnya proses pemberangkatan. “JCH dilayani dengan konsep one stop service yang ramah lansia. Artinya proses pelayanan pemberangkatan dan seluruh tahapan seperti pembagian paspor yang telah diterakan cap tanda keluar serta living cost dilaksanakan pada saat jamaah haji tiba di asrama haji,” ungkap Parlindungan.

Pada Kloter VI ini, JCH yang dilayani oleh Kanwil Kemenkumham NTB berjumlah 393 jemaah yang terdiri dari 211 jemaah laki-laki dan 182 perempuan. Dimana Jemaah Kloter VI hadir di asrama haji pukul 21.00 WITA, kemudian pukul 23.00 WITA seluruh jamaah haji mulai memasuki bus dan berangkat menuju Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) pada pukul 01.00 WITA ,19 Mei 2024.

Baca Juga :  Lantik 16 Pejabat, Kakanwil Kemenkumham NTB: Segera Konsolidasi dan Percepat Capaian Kinerja

Satgas Pemberangkatan Jemaah Haji Kanwil Kemenkumham NTB juga telah memastikan clearance dokumen keimigrasian (Paspor) telah dilakukan dengan seksama serta dilakukan double checking. Selain melakukan peneraan tanda / cap keberangkatan pada paspor, petugas juga memastikan bahwa paspor telah sesuai dengan pemegang paspor yang bersangkutan.

Jemaah Calon haji Embarkasi Lombok didominasi oleh lansia, oleh sebab itu, satgas juga memberikan pelayanan yang lebih optimal serta memberikan pemahaman singkat terkait pentingnya menjaga paspor agar tidak hilang maupun rusak. Sebab paspor tidak hanya identitas seseorang saat di luar negeri, namun paspor adalah bukti kewarganegaraan Republik Indonesia. Hal tersebut tentu saja sesuai dengan amanat Menkumham Yasonna H. Laoly, bahwa jajaran Kemenkumham diminta untuk memberikan layanan yang berdampak positif bagi Masyarakat.

Baca Juga :  2 Satker Kanwil Kemenkumham NTB Sabet Juara Kinerja Berbasis Anggaran

Parlindungan menambahkan, keberhasilan dalam proses keberangkatan ini tentu saja tak lepas dari sinergitas yang terjalin dengan baik antara Kanwil Kemenkumham NTB, Kemenag, Polri, TNI, Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi NTB, Angkasa Pura serta pihak lain yang turut membantu mensukseskan proses pemberangkatan para Jemaah Calon Haji Kloter VI Embarkasi Lombok 2024M/1445H. (Huda)

Komentar Anda