Ahyar-Mori akan Bentuk Seratus Desa Wisata

Ahyar-Mori akan Bentuk 100 Desa Wisata
SOSIALISASI: Bakal calon wakil gubernur Mori Hanafi ketika bersilaturahmi dengan kelompok masyarakat di desa di Keruak Lombok Timur belum lama ini. (ist/)

MATARAM – Pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur H Ahyar Abduh – H Mori Hanafi sudah merancang dan desain berbagai program kerja dan visi misi untuk memajukan pembangunan  dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di NTB.

Ada dua sektor yang akan menjadi unggulan jika pasangan Ahyar-Mori terpilih yakni pariwisata dan pertanian. Untuk pariwisata, akan diberi nama “Pariwisata Kerakyatan untuk Semua” yakni dengan program menciptakan 100 desa wisata di 10 kabupaten/kota di NTB. ” Dengan setiap desa wisata tersebut memiliki keunikan atraksi alam, budaya dan buatan yang berbeda satu sama lain,” kata bakal calon wakil gubernur  Mori Hanafi, kemarin.

Menurutnya, 100 desa wisata ini bukanlah hal yang muluk-muluk. Saat ini  saja sudah banyak sekali desa yang menjadi tujuan wisata di NTB. Nantinya ada  penekanan pada upaya promosi dan branding oleh pemerintah provinsi kepada semua desa yang termasuk dalam 100 desa wisata unggulan di NTB. Jadi, wisatawan memiliki referensi lebih banyak dalam berlibur di NTB.

Kemunculan desa-desa wisata ini tentu akan berimbas kepada terciptanya lapangan pekerjaan baru yang lebih luas bagi pemuda desa, masyarakat desa. Selain itu, akan banyak industri turunan  sebagai efek positif lebih luas dengan kemunculan desa Wisata tersebut.

Misalnya,  industri kerajinan, ekonomi kreatif, kuliner, serta yang bersifat seni/pertunjukan. Selanjutnya  berbagai efek domino fositif lain bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa tersebut.” Oleh karena itu, dengan majunya sektor pariwisata desa akan membuka banyak lapangan kerja, menumbuhkan wirausahawan baru, jadi akan mengangkat ekonomi rakyat,” pungkasnya.(tim/adv)

loading...