Senator DPD RI Apresiasi Tim Dokter Haji Siaga 24 Jam

MEKKAH – Senator DPD RI dari Jawa Timur, Ahmad Nawardi mengapresiasi tim kesehatan haji di Mekkah yang bekerja penuh selama 24 jam dalam melayani calon haji Indonesia yang menderita sakit.

‘’Tidak hanya menjadi dokter dan perawat bahkan mereka juga kadang menjadi teman dan keluarga bagi pasien,’’ kata Ahmad Nawardi saat meninjau Kantor Kesehatan Haji Indonesia di Mekkah bersama Tim Pengawas Haji DPD RI, Jumat (23/6/2023).

Dalam melakukan peninjauan tersebut, Nawardi pun blusukan ke ruang-ruang perawatan pasien. Ketika meninjau, dirinya pun mengetahui bahwa rata-rata pasien merupakan masyarakat lanjut usia (lansia) dan berasal dari hampir seluruh provinsi di Indonesia.

Nawardi menjelaskan, bahwa Kantor Kesehatan Haji Indonesia Mekkah yang berada di daerah Aziziyah ini di dalamnya terdapat 10 lantai. Untuk pasien yang tidak terlalu parah sakitnya, ditangani di lantai dasar, termasuk terkait kepentingan administrasi. Sedangkan lantai-lantai di atasnya digunakan untuk pasien rawat inap.

Baca Juga :  Calon DPD dari NW Diprediksi Gagal Raih Kursi

‘’Saat berkunjung pada siang hari, banyak pasien yang antre menunggu panggilan dan pasien yang sudah mendapat pelayanan di lantai dasar. Ruangan ini kelihatan penuh dengan pasien. Mereka duduk di kursi yang disiapkan. Sejumlah perawat dan dokter juga tampak sibuk berbincang dengan pasien,’’ jelas Nawardi.

Nawardi menyampaikan, untuk kondisi ruang rawat inap tampak bersih dan terawat layaknya rumah sakit swasta di Indonesia. Bangsal pasien terlihat tertata rapi dan tidak penuh sesak seperti RSUD-RSUD yang terdapat di Indonesia. Para dokter dan perawat juga sedang fokus bekerja memeriksa dan memasang infus, serta ada juga yang memberikan motivasi untuk pasien. ‘’Saya terkesan dengan pelayanan tim dokter di sini,’’ ucap Nawardi kepada Dirjen Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Arianti Anaya yang menemui Tim Pengawas Haji DPD RI ketika melakukan peninjauan.

Baca Juga :  DPD Terus Dorong Proporsi Anggaran Lebih Besar ke Daerah

Ketika bertemu dengan Tim Pengawas Haji DPD RI, Dirjen Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Arianti Anaya pun menjelaskan bahwa sampai saat ini calon jemaah haji yang meninggal dunia berjumlah 118 orang dan yang dirawat inap sejumlah 1.083 orang.

‘’Sedangkan yang telah dirujuk ke rumah sakit di Arab Saudi 383 orang dan yang masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi saat ini sebanyak 114 pasien,’’ jelasnya.

Tim Pengawas Haji DPD RI sendiri dipimpin oleh Ketua Komite III DPD RI, Hasan Basri yang juga Senator dari Kalimantan Utara. Tim ini terdiri dari 10 orang yaitu Ahmad Nawardi (Jatim), Dedi Iskandar Batubara (Sumut), Fadhil Rahmi (Aceh), Edwin Pratama Putra (Riau), Arniza Nilawati (Sumsel), Habib Said Abdurrahman (Kalteng), Erlinawati Nasir (Kalbar), dan Buya Muhammad J Wartabone (Sulteng), serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI, Rahman Hadi.(RL)

Komentar Anda