Nismah, Anak Yatim Keturunan NTB Berada di Gaza Palestina Butuh Bantuan

Bang Onim saat menemui Nismah, yatim keturunan NTB di di Deir Balah, Gaza Tengah, Palestina. Tampak ia melihat buku nikah orang tua Nismah. (IST/Tangkapan Layar Youtube Bang Onim)

MATARAM–Siapa sangka ada anak keturunan NTB bertempat tinggal di Gaza Palestina. Dialah Nismah, anak yatim perempuan 12 tahun. Tinggal dengan ekonomi sulit bersama kakek neneknya di Deir Balah, Gaza Tengah.

Di akun youtube Bang Onim Channel dideskripsikan bahwa Nismah merupakan anak dari wanita asal Sumbawa Besar, NTB bernama Rahmawati Abdul Hakim Ibrahim (almarhumah) yang menikah pada 2005 dengan pria asal Kota Deir Balah bernama Nadim Yunis Fayyath.

Usai menikah mereka bekerja di Jeddah, Arab Saudi. Sang Suami Nadim mengajak seluruh keluarganya untuk tinggal di Jeddah selama beberap tahun. Dikaruniai seorang putri bernama Nismah Nadim Yunis Fayyath yang lahir di Jeddah, 2 November 2009 itu. Hingga akhirnya Rahmawati Abdul Hakim Ibrahim wafat di Jeddah pada 17 Agustus 2011.

Dan dikarenakan faktor ekonomi, maka kakek dan neneknya membawa Nismah pulang ke jalur Gaza. Kini Nismah sekolah di Deir Balah Kelas V SD. Nismah tinggal bersama kakek dan neneknya di Deir Balah dalam kondisi memprihatinkan dan ekonomi sulit. “Perlu bantuan dan uluran tangan kita semua terutama warga Sumbawa NTB,” kata Bang Onim dalam deskripsi channelnya itu saat berkunjung ke kediaman Nismah, beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Ponpes Bidayatul Hidayah Terima Bantuan

Adapun alamat Almarhum Rahmawati Abdul Hakim Ibrahim di NTB yakni Jalan Undru Nomor 9, RT 02 RW 01, Brangbara, Sumbawa Besar. Adapun dalam kunjungan Bang Onim dan Tim NPC di Gaza mengunjungi Nismah itu, dibawa bantuan sekitar Rp 2,6 juta serta sembako dan selimut hangat. Sekaligus pihak NPC akan mencarikan orang tua asuh agar Nismah bisa hidup layak dan juga memiliki masa depan.

Nismah sendiri tampak sangat senang saat bertemu dengan Bang Onim dari Indonesia itu. “Saat ditanya apakah Nismah senang tinggal di Gaza? Hanya terdiam ‘karena wilayah konflik’, ditanya lagi, Nismah rindu ibu? Kesedihan terlihat di wajahnya, ditanya lagi: Nismah rindu dengan kakek nenek di Indonesia? Dengan senyum sumringah Nismah bilang ‘iya saya sangat rindu keluarga di Sumbawa Indonesia’, Nismah hanya dapat berbahasa Arab,” cerita Bang Onim.

Baca Juga :  Nelayan KLU Keluhkan Bantuan Tak Merata

Untuk diketahui, NPC atau Nusantara Palestina Center (NPC) adalah lembaga filantropi dibentuk oleh Abdillah Onim atau Bang Onim. Konsentrasinya yaitu memberikan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina dan juga peduli bencana dalam negeri.

Diungkapkan bang Onim, belasan bahkan puluhan program telah digulirkan NPC di Palestina dan salah satu program unggulan adalah orang tua asuh Yatim Palestina-NPC (OTA-NPC) dan tak kurang dari 750 anak Yatim di Palestina punya orang tua asuh di Indonesia. (RL)