Layanan Samsat Corner Kini Hadir di MPP Mataram Mall

DIRESMIKAN : Kepala Bappenda NTB Hj Eva Dewiyani saat meresmikan layanan Samsat Corner di MPP Mataram Mall, Senin (24/7).

MATARAM – Layanan Samsat Corner kini hadir di Mall Pelayanan Terpadu (MPP) Mataram Mall (Mall lama). Keberadaan layanan Samsat Corner di MPP Mataram Mall ini menjadi satu tempat dengan Mall Pelayanan Terpadu Pemkot Mataram di lantai I yang sebelumnya menjadi tempat outlet Supermarket Hero.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi NTB Hj Eva Dewiyani meresmikan dibukanya layanan Samsat Corner di MPP Mataram Mall, Senin (24/7).

“Kehadiran Samsat Corner di MPP Mataram Mall ini diharapkan bisa meningkatkan jumlah wajib pajak yang melakukan daftar ulang pajak kendaraan bermotor (PKB) tepat waktu,” kata Eva Dewiyani.

Eva menjelaskan, kehadiran Samsat Corner di MPP Mataram Mall ini berupakan layanan tambahan. Melainkan, layanan Samsat Corner yang sebelumnya berada di Lombok Epicentrum Mall (LEM), dipindahkan ke MPP Mataram Mall. Pasalnya, jumlah wajib pajak yang melakukan daftar ulang di Samsat Corner ketika berada di LEM, capaian wajib pajak yang melakukan daftar ulang jauh dari harapan. Sementara biaya sewa perbulannya di LEM cukup besar, sehingga Bappenda NTB kemudian memindahkannya ke MPP Mataram Mall.

Baca Juga :  Dekatkan Layanan, Samsat Corner LEM Diresmikan

Selain biaya lebih murah, karena MPP Mataram Mall dikelola langsung oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Pemkot Mataram, nantinya biaya sewa juga akan dihitung dari dana bagi hasil (DBH) PKB. Sehingga, akan saling menguntungkan kedua belah pihak, baik itu Pemkot Mataram dan juga Pemprov NTB dalam menarik PKB di Kota Mataram.

“Layanan Samsat Corner yang di Epicentrum Mall belum bagus, hanya mendapatkan Rp14 juta per hari. Kita berharap Samsat Corner di MPP ini bisa lebih bagus didapatkan. Karena potensi PKB di Kota Mataram sangat besar,” kata Eva.

Eva menyebut potensi pajak kendaraan bermotor di Kota Mataram menjadi yang paling besar di NTB dari 10 kabupaten/kota. Di mana jumlah kendaraan bermotor di NTB, baik itu roda empat maupun roda dua lebih dari 28 persen dari total pendapatan PKB, atau sebesar Rp158 miliar target penerimaan daerah dari PKB di Kota Mataram dari total Rp400 miliar lebih di NTB. Karena itu Bappenda NTB terus menghadirkan inovasi dan memperbanyak jenis layanan PKB. Mulai dari Samsat Mobil Keliling, Samsat Drive Thrue, E-Samsat Delivery, hingga layanan Samsat Corner.

Baca Juga :  Dekatkan Layanan, Samsat Corner LEM Diresmikan

“Kita berharap layanan Samsat Corner di MPP Mataram Mall ini bisa melebihi Samsat Mobile Keliling mencapai 3-4 ribu wajib pajak melakukan daftar ulang. Samsat Corner ini paling tidak bisa lebih dari 4 ribu wajib pajak daftar ulang per bulannya,” harap Eva. (luk)

Komentar Anda