KNPI Wira Ikut Gelar Musda Tandingan

KNPI Wira

TANJUNG –Perpecahan di tubuh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) bakal tak terelakkan di Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Jika KNPI kubu Hamdan Kasim akan menggelar Musda II KNPI Lombok Utara, maka KNPI kubu Lalu Wira Kencana juga akan melakukan hal serupa. Pernyataan ini dikeluarkan langsung Ketua KNPI kubu Fadh Arafiq NTB, Lalu Wira Kencana kemarin (18/11). Wara mengaku, jika kubu Hamdan Kasim menggelar Musda, maka pihaknya akan melakukan Musda juga. “Kita akan segera mulai Musda. Kalaupun besok (hari ini, Red) mereka memulai, maka kami akan segera mengadakan juga,” ungkap Wira dihubungi via telepon, kemarin (18/11).  

Menurutnya, Ketua KNPI Lombok Utara yang lama ini tidak jelas. Diakui, bahwa ia memang pendukungnya Hamdan Kasim. Tapi akan muncul Musda tandingan. Karena sudah kedung ada konsekuensi organisasi yang mulai dari pusat sudah ada dua kubu, maka di daerah pun akan berimbas. “Tidak bisa dicegah,” tegasnya.

Terkait siapa-siapa orangnya yang akan menggelar Musda. Ia mengaku telah mempersiapkan orang-orannya siap menahkodai KNPI di Lombok Utara.  Kalaupun kemudian melakukan Musda tidak mengundangnya, itu akan dijadikan sebagai dasar untuk melakukan Musdalub. Kalaupun diundang harus jelas dulu. “Masak diundang-undang dua-duanya. Ini sudah masuk ranah ke politik, bukan independen lagi,” tandasnya.

Dijelaskan, kalau berbicara pengesahan di level pusat, maka lebih cendrung ke kubunya. Karena pada saat acara Musda dihadiri menteri-menteri dan presiden. “Tergantung ke arah lama, kan dia penyelanggara Musda,” jelasnya.

Sementara Karteker KNPI Lombok Utara, Saeful Anwar menerangkan jauh sebelum rencana Musda akan dilaksanakan, pihaknya sudah mendapat mandat dari ketua pengurus DPD I KNPI NTB Hamdan Kasim. Namun karena banyaknya permasalahan sehingga pelaksanaan terus ditunda. “Sebetulnya Oktober 2015 lalu dijadwalkan, namun akhirnya ditunda. Dengan akan digelarnya musda ini nanti kami berharap roda organisasi kepengurusan DPD II KNPI di Lombok Utara bisa menjadi wadah berkumpul dan berorganisasinya pemuda di Lombok Utara,” pungkasnya.

Dalam Musda ke II akan digelar di aula Kantor Camat Pemenang, yang akan dihadiri oleh Ketua KNPI NTB Hamdan Kasim dan mengundang senior-senior KNPI asal Lombok Utara yang telah berkiprah, baik tingkat daerah, provinsi dan pusat.

Ketua Panitia Musda II KNPI Lombok Utara Juraidin menyatakan, Musda kedua berbeda dengan yang pertama. Karena panitia membuka ruang bagi pemuda yang berintegritas. Semua organisasi kepemudaan (OKP) akan mengikuti musda ini nanti. “Ada 9 OKP yang terdata yang akan mengutus perwakilannya nanti. Mereka memiliki suara untuk memilih ketua KNPI Lombok Utara. Ditambah suara dari lima pengurus kecamatan sehingga total suara yang akan ikut memilih sebanyak 14 suara,” jelasnya.

Bahkan dalam Musda kedua ini, Juraidin menegaskan terbuka untuk masyarakat yang ingin ikut bersaing dengan calon lainnya. ”KNPI butuh dukungan dari semua pihak. Karena wadah pemuda juga berperan penting untuk kemajuan Lombok Utara,” tandasnya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid