KESUKSESAN YAD HAFIZUDIN, PERAIH MEDALI EMAS KEJUARAAN SAC NASIONAL

DISAMBUT: Yad Hafizudin, Atlet pelajar Cabor Atletik, asal MA. Al. Ijtihad yang meraih medali emas di kejuaraan SAC tingkat nasional, disambut meriah saat tiba di kampung halamannya, Desa Danger. (ISTIMEWA)

Prestasi gemilang kembali ditorehkan atlet pelajar asal Lombok Timur (Lotim). Kali ini prestasi itu ditorehkan Yad Hafizudin, atlet Cabor Atletik asal MA. Al. Ijtihad Desa Danger, Kecamatan Masbagik. Ia berhasil meraih medali emas pada ajang Student Athletic Championship (SAC) Nasional, di Stadiun Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, belum lama ini.

KEBERHASILAN Yad Hafizudin meraih medali emas, setelah dia mengalahkan para pesaingnya yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Siswa Kelas XI di MA. Al. Ijtihad Danger ini berhasil melintasi garis finish di urutan pertama, dengan durasi waktu 2 menit 36,50 detik, pada lomba lari 1.000 meter yang berlangsung, Jumat lalu ( 13 /1).
Yad Hafizudin lahir pada tanggal 6 Juni 2006, di Dusun Repok Raden, Desa Danger, Kecamatan Masbagik. Dalam mengasah bakatnya di bidang atletik atau lari ini, Yad sapaan akrabnya, secara rutin berlatih di Klub Atletik Kijang Rinjani bersama senior dan juniornya di Lapangan Porda Selong.
Latihan dilakukan dua kali dalam satu hari, dan lima kali dalam satu minggu, dibawah asuhan pelatihnya, Hairurrohman. “Prestasi yang ditorehkan anak didik kami Yad, tak lepas karena yang bersangkutan selalu konsisten dan semangat dalam berlatih,” kata Hairurrohman, selaku pelatih, Minggu kemarin (15/1).
Sebelumnya kata dia, Yad juga telah beberapa kali menorehkan prestasi di kejuaraan tingkat kabupaten, provinsi bahkan Bali-Nusra. Dan kali ini ia berhasil meraih juara I dengan mempersembahkan medali emas untuk Provinsi NTB, Kabupaten Lotim dan Desa Danger pada khususnya, pada ajang bergengsi tingkat nasional tersebut.
Keberhasilan Yad inipun mengantarkan dia untuk mewakili Indonesia pada ajang SAC tingkat internasional atau dunia, yang akan dilaksanakan di Australia nanti.
Sementara itu, Kepala Sekolah MA. Al. Ijtihad Danger, Abdul Mufahir, menjelaskan bahwa Yad Hafizudin mulai berprestasi dari tingkat kecamatan, kemudian naik ke tingkat kabupaten, provinsi, hingga saat ini meraih medali emas di tingkat nasional.
Perjuangan salah satu siswanya ini, kata Abdul Mufahir, sangat berat hingga berhasil menoreh prestasi yang cukup membanggakan ini. Buah keberhasilan inipun tidak terlepas dari didikan pelatihnya. “Perjuangan yang dilalui oleh siswa kami ini sangat berat. Namun atas kegigihannya dalam berlatih, saat ini menoreh prestasi yang membanggakan kita semua,” paparnya.
Kejuaraan yang diikuti oleh Yad Hafizudin yaitu tingkat pelajar bernama Student Athletic Championship (SAC) Nasional Tahun 2022-2023 yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. “Yad Hafizudin nantinya pada bulan Maret 2023 akan berangkat ke Australia, untuk mewakili Indonesia,” terang Mufahir.
Ia meminta kepada ribuan masyarakat, siswa dan keluarga besar Yayasan Al. Ijtihad Desa Danger memanjatkan doa, supaya perjuangan Yad Hafizudin membuahkan hasil yang diharapkan. “Prestasi yang diraih saat ini bukanlah yang terakhir, melainkan awal untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi,” doanya.
Sepulangnya dari Kejuaraan SAC, Yad disambut gegap gempita oleh masyarakat setempat. Prestasi yang ditorehnya itu tidak hanya mengharumkan nama NTB, dan Lombok Timur saja, tetapi lebih khusus menjadi suatu kebanggan bagi masyarakat Danger dan sekolah. Apalagi Yad akan terpilih mewakili Indonesia di kejuaraan tingkat dunia.
“Terima kasih kepada ribuan masyarakat yang turut serta menyambut Yad Hafizudin, yang berhasil menjadi juara tingkat nasional tersebut. Inilah juara sejati, mengharumkan nama Desa Danger di kancah nasional, dan saat ini berada di tengah-tengah kita,” ujar Kepala Desa Danger, Kaspul Hadi dengan bangga.
Prestasi yang ditoreh Yad, diharapkan akan menjadi motivasi dan contoh bagi pemuda Desa Danger lainnya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Yad Hafizudin, yang sudah mengharumkan nama NTB dan Desa Danger pada umumnya, yang saat ini berstatus Desa Mandiri. “Selamat kapada Ananda Yad Hafizudin, yang berhasil meraih medali emas di ajang SAC tingkat nasional. Teruslah berlatih dan mengembangkan bakatnya di bidang atletik ini,” pesannya. (
M GAZALI — LOMBOK TIMUR)

Komentar Anda
Baca Juga :  Cerita Baiq Sri Ratna Wahyuningsih, Pengantin Bermaskawinkan Kain Kafan