8 Gejala Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Waspadai

Penyakit Jantung Penyebab Kematian Tertinggi di Dunia, Cerdik Kenali Gejalanya!

Gejala Penyakit Jantung
8 Gejala Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Waspadai

RADAR LOMBOK – Penyakit jantung adalah penyebab kematian terbanyak di dunia. Berdasarkan data dari WHO (World Health Organization) penyakit jantung menyumbang 56,4% dari jumlah total kematian di dunia. Menurut SRS (Sample Registration System) pada tahun 2014, di negara Indonesia sendiri penyakit jantung menduduki peringkat kedua setelah stroke sebagai penyebab kematian terbanyak.

BACA JUGA: Ini 5 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan penyakit jantung diantaranya gaya hidup yang tidak sehat, kurang olahraga, dan stres. Cara diet yang tidak sehat juga akan semakin meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung.

Penyakit jantung tidak hanya mengenai orang dewasa saja, tetapi anak yang masih dalam proses pertumbuhan pun bisa terkena penyakit jantung. Oleh karena itu tentu saja Anda perlu mewaspadai gejala dari penyakit jantung tersebut. Terdapat beberapa ciri yang bisa dilihat jika seseorang terkena penyakit jantung.

Gejala Penyakit Jantung Berikut adalah 8 gejala penyakit jantung awal yang sering dijumpai ketika penyakit jatung menimpa seseorang diantaranya sebagai berikut:

  1. Nyeri dada
    Nyeri dada merupakan salah satu tanda-tanda sakit jantung. Tetapi tidak semua nyeri dada dapat dikatakan sebagai gejala sakit jantung karena bisa saja akibat penyakit lainnya, akan tetapi kita harus tetap waspada karena bisa saja nyeri dada merupakan disebabkan penyumbatan arteri sehingga menyebabkan darah tidak mengalir dengan baik.

    Nyeri dada yang diakibatkan oleh penyakit jantung memiliki tanda-tanda yang khas seperti sensasi berat (seperti ditekan, ditindih, diremas, tercekik), muncul serta memberat seiring dengan meningkatnya aktifitas (berjalan, naik tangga, dan hubungan seksual) dan berkurang dengan istirahat atau dengan penggunaan obat (golongan nitrat).

  2. Kelelahan
    Bila anda sering kelelahan walau tidak beraktivitas berat, segera tanyakan ke dokter pribadi. ini dapat menjadi indikasi ada masalah pada jantung anda. Rasa lelah tidak hanya dirasakan bila anda beraktivitas tetapi juga mungkin dirasakan waktu bangun tidur.
  3. Pusing
    Pusing terutama disertai rasa seperti melayang (kehilangan kesimbangan) atau kepala terasa ringan dapat menandakan turunnya tekanan darah dan jantung tidak mampu memompa cukup darah ke otak. Hal ini dapat disebabkan oleh gangguan pada jantung dan Anda disarankan menemui dokter pribadi Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut.
  4. Berkeringat
    Biasanya seseorang berkeringat usai berolahraga atau waktu cuaca panas. Namun, Anda wajib waspada jika tubuh Anda mengeluarkan keringat saat beraktifitas ringan (berjalan beberapa langkah, naik beberapa anak tangga) atau bahkan saat tidak melakukan aktivitas apapun, karena bisa saja ini merupakan ciri masalah pada jantung.
  5. Mual
    Nyeri yang disebabkan oleh gangguan jantung sering dirasakan sebagai rasa mual, dada terasa panas hingga muntah terutama pada wanita. Anda disarankan berkonsultasi bila merasakan gejala tersebut terutama bila tidak berkurang dengan pengobatan lambung.
  6. Sesak napas
    Sesak napas terutama bila tidak ada riwayat asma atau penyakit pada pernafasan sebelumnya harus Anda waspadai sebab dapat diakibatkan oleh gangguan pada katup jantung atau pembuluh darah jantung yang menghambat aliran darah keseluruhan tubuh.
  7. Berdebar
    Bila Anda merasakan dada berdebar atau denyut jantung tidak teratur, ini wajib diwaspadai dikarenakan bisa berakibat fatal. Dada berdebar dapat menandakan kelainan pada sistem listrik jantung dan denyut jantung tidak teratur juga dapat menandakan penebalan otot jantung.
  8. Pembengkakan
    Pembengkakan terutama pada kaki dapat menjadi tanda ketika jantung tidak kuat memompa darah sehingga laju peredaran darah menjadi lambat dan darah terdiam lama dalam pembuluh darah yang akhirnya menyebabkan pembengkakan. Gagal jantung juga membuat ginjal kesulitan membuang kelebihan cairan dan garam dari dalam tubuh dan berakhir pada pembengkakan yang paling sering terjadi pada kaki.

BACA JUGA: Lebih Bagus Minum Air Rebusan atau Galon? Ini Penjelasannya…

Bila Anda menjumpai gejala-gejala tersebut diatas pada diri Anda atau orangorang di sekitar Anda, sangat disarankan agar segera menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan seperti rekam jantung, foto X-Ray dada dan beberapa pemeriksaan tambahan lainnya sesuai saran dokter, sebelum penyakit jantung ini betul-betul bersarang pada tubuh. Memulai hidup yang sehat, mengurangi stress serta berolahraga secara teratur sejak dini dapat menghindarkan diri Anda dan keluarga dari penyakit jantung.

Dion Setiawan
Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lombok Utara