Polda NTB dan PLN NTB Sinergi Perkuat Pengamanan Aset Kelistrikan

KERJASAMA: General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo dan Direktur Pamobvit Polda NTB, Kombes Pol. Suprayitno, S.H., S.I.K, menandatangani PKS pengamanan asset kelistrikan, Senin (12/6).

MATARAM–Sebagai bentuk sinergi dan komitmen dalam pengamanan objek vital kelistrikan, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTB, menandatangani Perjanjian Kerja Sama Teknis dengan Kepolisian Daerah (Polda) NTB di Hotel Aston Inn Mataram, Senin (12/06).

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan pengamanan instalasi dan aset kelistrikan serta melindungi infrastruktur penting dalam pelaksanaan pelayanan dan penyediaan tenaga listrik, pemanfaatan serta pengelolaan ketenagalistrikan kepada masyarakat.

Direktur Pamobvit Polda NTB, Kombes Pol. Suprayitno, S.H., S.I.K, menjelaskan bahwa pihaknya menyambut baik kerja sama tertulis antara Polda NTB dengan PLN UIW NTB ini. Menurutnya, hal tersebut selaras dengan tugas Polri dalam memperkuat pengamanan pada Objek Vital Nasional dan Objek Tertentu.

“Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan PLN dalam menjaga keamanan pada kawasan objek vital negara. Dengan sinergi ini, kami berharap dapat menciptakan situasi yang aman dan kondusif,” ucap Kombes Suprayitno.

Dalam kontrak kerja sama ini, PLN UIW NTB akan bekerja sama dengan Polda NTB dalam berbagai aspek pengamanan. Hal ini mencakup penjagaan kantor unit PLN di NTB, pengawalan operasional di lingkungan kerja PLN UIW NTB, sosialisasi pedoman kerja teknis, peningkatan kapasitas SDM, menghadapi kejadian yang menyangkut ancaman/bahaya (kontinjensi), monitoring dan evaluasi serta koordinasi dalam menghadapi situasi yang memerlukan respons cepat.

Baca Juga :  Gunakan 100 Persen Biomassa, PLTU Sumbawa Sukses Gelar Performance Test

“Sekecil apapun potensi ancaman dan gangguan terhadap Objek Vital Nasional atau Objek tertentu dan asetnya dari eskalasi rendah sampai dengan tingkat yang paling tinggi tentu tidak dapat diabaikan dan harus ditiadakan. Untuk itu, pelaksanaan tugas operasional di lapangan perlu diperkuat dengan adanya pedoman kerja teknis yang ditanda tangani hari ini,” tambahnya.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Polda NTB atas kerja sama yang telah terjalin. Djarwo menyatakan kerja sama ini merupakan langkah positif dalam memastikan keamanan infrastruktur kelistrikan guna melayani masyarakat.

“Banyak sekali objek vital yang perlu pengamanan di lingkungan kerja PLN UIW NTB, termasuk di antaranya Kantor Unit Induk Wilayah NTB, Obvitnas DCC dan Scada Server Lombok dan GI Ampenan, UPK PLTD Ampenan dan Obvitnas PLTMGU Lombok Power. Kami percaya bahwa dengan sinergi ini, kami dapat memberikan layanan listrik yang lebih baik dan aman bagi masyarakat Bumi Gora,” papar Djarwo.

Baca Juga :  Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Operasikan 104 Unit SPKLU di 38 Kota

Tidak hanya hal tersebut, kedua belah pihak juga sepakat untuk saling berbagi informasi terkait gangguan keamanan atau potensi ancaman yang dapat mempengaruhi operasional PLN. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai tantangan keamanan yang mungkin terjadi.

“Dengan ditandatanganinya kontrak kerja sama ini, PLN dan Polda NTB menunjukkan langkah bersama dalam melindungi lingkungan kerja, infrastruktur penting dan masyarakat yang menjadi prioritas bagi kami. Tentunya hal ini merupakan wujud komitmen kedua belah pihak dalam menjaga keamanan instalasi dan aset kelistrikan yang dikelola oleh PLN.” tutup Djarwo. (rl/*)

Komentar Anda