Pastikan Kualitas Layanan, BPJS Kesehatan Cabang Selong Lakukan Kredensialing

SELONG–Demi memastikan Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mendapat kemudahan dalam mengakses layanan JKN–KIS dan mendapatkan layanan yang berkualitas, BPJS Kesehatan Cabang Selong melakukan kegiatan kredensialing kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang berada di daerah Kabupaten Lombok Timur, Selasa (2/3/2021) .

Kredensialing adalah proses seleksi awal melalui penilaian terhadap pemenuhan persyaratan bagi fasilitas kesehatan yang akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Tujuan dilaksanakan kredensialing ini adalah untuk memastikan Peserta JKN-KIS dapat merasakan layanan yang mudah, nyaman, dan berkualitas.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Selong Ni Putu Eka Satya Dewi mengatakan bahwa kredensialing ini bertujuan untuk menilai fasilitas kesehatan yang akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Adapun penilaian kriteria teknis yang dilakukan selama kredensialing adalah kelengkapan sarana prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM), lingkup pelayanan dan komitmen dalam memberikan pelayanan kepada peserta.

“Untuk memberikan kemudahan akses dalam mengakses layanan JKN–KIS, hari ini kami telah melakukan kredensialing di Puskesmas Pringgasela Utama. Kegiatan ini dilakukan untuk melakukan uji kelayakan kepada fasilitas kesehatan, baik secara kelengkapan dari sarana prasarana dan SDM yang ada di fasilitas kesehatan,” ujar Eka saat menyambangi Puskesmas Pringgasela Utama.

Lebih lanjut, Eka juga menyampaikan bahwa selain bertujuan untuk melakukan penilaian, kredensialing juga bertujuan mengevaluasi kekurangan yang ditemui di lapangan, sehingga diharapkan standar layanan yang telah ditetapkan dapat dipenuhi dan dapat memberikan layanan maksimal kepada peserta JKN–KIS.

“Apalagi, diketahui bahwa Puskesmas Pringgasela Utama merupakan salah satu Puskesmas yang baru saja berdiri, sehingga wajib menjalani tahap kredensialing untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Nantinya, dengan adanya evaluasi dan penilaian tersebut, diharapkan Puskesmas ini memberikan pelayanan yang optimal dan meningkatkan kepuasan terhadap peserta,” kata Eka. 

Ditemui di ruangannya, Kepala Puskesmas Pringgasela Utama Hayadin menyambut bahwa kegiatan kredensialing sangat baik dilakukan. Menurutnya kegiatan ini dapat menjadi bahan evaluasi maupun perbaikan layanan agar dapat memberikan layanan terbaik bagi peserta, khususnya peserta JKN-KIS.

“Kami selalu menjaga kualitas layanan yang akan diberikan kepada peserta dan untuk kekurangan sarana prasarana yang telah disampaikan pihak BPJS Kesehatan akan segera dilengkapi,” ujar Kepala Puskesmas Pringgasela. (dh/ay)

Artikel asli dimuat di https://www.jamkesnews.com/jamkesnews/berita/detail/bda/27349/20210302/pastikan-kualitas-layanan-bpjs-kesehatan-cabang-selong-lakukan-kredensialing