BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di Wilayah NTB

MATARAM–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai petir di hampir seluruh kabupaten/kota di NTB.

Kepala Stasiun Meteorologi ZAM melalui prakirawan Wulan Wandarana mengatakan, selama dua hari ke depan hampir seluruh kabupaten/kota di NTB berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang. Prediksi hujan disertai dengan angin kencang tersebut terjadi hampir merata sejak pagi hingga malam hari.
”Waspadai potensi lebat disertai kilat/ petir dan angin kencang di wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu dan Bima,” terang Wulan dalam rilisnya.

Kemudian, hujan lebat pada siang sampai sore hari diprediksikan terjadi di wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat dan Sumbawa. Sedangkan wilayah Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima, selain berpotensi pada siang dan sore hari, juga hujan lebat terjadi malam hari.

Untuk suhu udara di wilayah NTB rata-rata berkisar antara 22 sampai dengan 35 derajat Celcius dan kelembaban udara berkisar antara 70 sampai dengan 98 persen. ”Untuk angin dominan dari selatan-barat dengan kecepatan maksimal 35 kilometer per jam,” kata Wulan.

Sementara itu, untuk kondisi gelombang laut berdasar data, ketinggian gelombang laut di Selat Lombok bagian Utara 0,5-1,25 meter, Selat Lombok bagian Selatan 2,5-4,0 meter, Selat Alas bagian Utara 0,5-1,25 meter, Selat Alas bagian Selatan 2,5-4,0 meter, Samudera Hindia Selatan NTB 2,5-4,0 meter, Selat Sape bagian Utara 0,5-1,25 meter dan Selat Sape bagian Selatan 1,25-2,5 meter.(rl)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumya51 Sembuh, 12 Positif Baru dan Satu Meninggal
Berita berikutnyaSiswa SMAN 1 Gerung Borong Juara LKIR 2020