272 CPNS Terima SK Pengangkatan

TERIMA SK : Salah seorang CPNS Kota Mataram memamerkan SK pengangkatan yang diserahkan secara simbolik oleh Wali Kota Mataram, Selasa (29/12/2020).(ALI MA’SHUM/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Hari berbahagia untuk 272 calon pegawai negeri sipil (CPNS) rekrutmen tahun 2019 akhirnya tiba. Ini setelah 272 CPNS lingkup Pemkot Mataram itu menerima SK pengangkatan.

SK Pengangkatan CPNS ini diserahkan langsung Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh.Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati mengatakan, 272 CPNS tersebut adalah rekrutmen tahun 2019. ‘’Sekarang SK pengangkatan CPNS-nya telah diserahkan untuk 272 orang,’’ ujarnya.

Setelah melalui tahapan panjang dengan mengikuti proses. Mulai dari tahapan administrasi, tes seleksi kompetensi dasar (SKD), seleksi kompetensi bidang (SKB) dengan nilai yang terintegrasi. Dari 275 jatah formasi CPNS untuk Kota Mataram. 272 formasi lulus seleksi.

Sementara tiga formasi dinyatakan lowong setelah tidak ada yang memenuhi nilai ambang batas (passing grade). Ke 272 CPNS Kota Mataram yang menerima SK pengangkatan terdiri dari 177 tenaga pendidik (guru), 75 tenaga kesehatan (nakes) dan 21 tenaga tehnis. ‘’Tiga formasi Mataram lowong karena tidak memenuhi passing grade. Yang terisi jadinya 272 formasi,’’ katanya.

Kemudian masih dari seluruh tahapan yang sudah dilaksanakan. Seluruhnya berjalan aman dan terkendali. Walaupun harus melaksanakan seleksi dengan protokol keehatan yang ketat. ‘’Terima kasih kepada SKPD yang telah membantu. Dinas kesehatan, RSUD Kota Mataram, BPBD dan Satpol PP yang telah membantu menyelesaikan seluruh tahapan rekrutmen CPNS,’’ ungkapnya.

Nelly memastikan seluruh tahapan dilaksanakan dengan transparan. Serta tidak ada peluang untuk Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). ‘’Kami pastikan ini no KKN, ini murni keberhasilan dari sosok generasi terbaik yang kita miliki. Kita harapkan ini memberikan warna bagi birokrasi di Kota Mataram,’’ terangnya.

Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh mengaku sebagai pihak yang berhagia dan merupakan anugerah tersendiri. Karena di ujung masa jabatannya bisa memberikan kepastian kepada 272 orang CPNS yang akan menambah gerbong kekuatan Pemkot Mataram dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. ‘’Apalagi tadi dilaporkan formasi ini untuk menerima SK-nya sempat tertunda karena pandemi yang melanda dunia. Tapi alhamdulillah, SK pengangkatan sudah diterima oleh 272 orang CPNS Kota Mataram,’’ katanya.

Dengan membludak pendaftar, kata Nelly, menunjukkan bahwa menjadi PNS masih impian banyak kalangan. ‘’Ini mereka yang melalui seleksi ketat dan menunjukkan kemampuannya. Sehingga hari ini dinyatakan sebagai CPNS. Bagaimana mungkin kita tidak bersyukur,’’ ungkapnya.

Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh berharap, mereka yang menerima SK adalah CPNS yang unggul, profesional, berintegritas dan bersungguh-sungguh melayani warga Kota Mataram. ‘’Jadilah nantinya PNS yang benar-benar memiliki disiplin tinggi. Jagalah loyalitas saudara dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai CPNS. Jadikan semuanya dalam rangka beribadah. Ini kesempatan yang baik dalam melayani masyarakat. Ini harapan saya, selamat saya ucapkan bagi saudara-saudara sekalian. Sukses dan jagalah selalu integritas,’’ ucapnya. (gal)