11 Pendaftar Incar Jabatan Kadispar Lotim

H. Mugni (Dok/Radar Lombok)

SELONG – Sebanyak 11 pejabat lingkup Pemkab Lombok Timur akan berebut kursi kepala Dinas Pariwisata yang saat ini lowong setelah pejabat sebelumnya dimutasi. Mereka adalah Nurawan Hamdi (sekretaris Dinas Nakeswan),  Hj.Martaniati (sekretaris Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD),  Widayat ( Sekdis Koperasi dan UKM), Andika Istujaya (Dispora), Kamaruddin (Camat Jerowaru), Ridwan (Kabid Perekonomian dan SDA Bappeda),  Mudahan ( Sekretaris DPMPTSP),  Lalu Alwan Wijaya (Sekretaris Dinas Perindustrian), Huzaefah (Kabag Kesra), Sosiawan Putraji (Sekretaris Dinas PUPR) dan Baiq Widiani Astuti (Camat Selong).  Semuanya  semuanya telah dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Proses selanjutnya mereka akan mengikuti tahapan lebih lanjut sampai akhirnya nanti akan ditentukan tiga nama untuk diserahkan oleh tim Pansel ke pejabat pembina kepegawaian dalam hal ini bupati. ” Pendaftaran yang berlangsung sejak tanggal 21 Juni 2023 ditutup hari Rabu tanggal 5 Juli 2023 pukul. 17.00 Wita. Animo peserta  untuk mengikuti tes pansel JPT cukup tinggi dari yang diprediksi sebelumnya,” kata Kepala BKPSDM Lombok Timur H. Mugni kemarin.

Baca Juga :  RSUD Selong Batal Pangkas Jumlah Honorer

Banyaknya peserta yang mendaftar dianggap sebagai bukti bahwa jabatan Kadispar ini memang banyak peminatnya. Di awal pendaftaran dibuka  memang hanya satu orang yang mendaftar. Namun beberapa hari sebelum masa pendaftaran ditutup,  jumlah peserta jadi di luar dugaan. ” Ini membantah anggapan pihak tertentu jika peserta seleksi kepala Dinas Pariwisata Lotim sepi peminat,” ungkapnya.

Proses selanjutnya dari 11 peserta  yang telah lolos administrasi ini, langkah berikutnya nama- nama itu akan digodok tim pansel untuk dievaluasi dan diteliti kembali persyaratan administrasi yang telah diterima untuk mengikuti tes berikutnya. ” 11 nama peserta yang mendaftarkan diri untuk ikut seleksi telah memenuhi persyaratan secara administratif. Baik itu  golongan jabatan, dan lainnya.  Bahkan ada  ada diantaranya pernah menjabat atau menduduki jabatan eselon II di era bupati sebelumnya ” imbuh Mugni.

Baca Juga :  Lotim Perkenalkan Konsep Pariwisata Trisila

Peserta yang dinyatakan lolos administrasi akan mengikuti serangkaian test selanjutnya berupa tes assessment (psikologi) dan untuk melihat kemampuan manajerial, pembuatan makalah serta tes wawancara.  Berikutnya tahapan seleksi kompetensi bidang penulisan makalah akan dilaksanakan pada tanggal 11 Juli, Assessment tanggal 12 Juli dan wawancara Akhir pada tanggal 13 Juli 2023. ” Kita mengharapkan pejabat yang terpilih bisa dilantik   Juli 2023  mendatang ,” tutup Mugni.

Setelah menjalani semua tahapan seleksi  dari  11 nama peserta test calon Kadis Pariwisata itu akan dikerucutkan menjadi 3 nama untuk disodorkan kepada Bupati Lombok Timur.  Selanjutnya, bupati akan menyerahkan tiga nama ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Setelah 3 nama mendapat persetujuan dari KASN, Bupati Lotim memiliki hak prerogatif untuk memilih salah satu calon menjadi Kadus Pariwisata.(lie)

Komentar Anda