Zul-Rohmi Dilantik Rabu Besok

Zul-Rohmi Dilantik Rabu Besok
DILANTIK : Gubernur dan Wakil Gubernur NTB terpilih, Dr Zulkieflimansyah dan Dr Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi) akan dilantik pada hari Rabu besok, tanggal 19 September 2018. (AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Provinsi NTB telah berjalan lancar beberapa waktu lalu. Pasangan Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi), berhasil mengalahkan 3 pesaingnya. 

Setelah masa jabatan TGB-Amin selesai tanggal 17 September 2018, Zul-Rohmi akan dilantik hari Rabu, tanggal 19 September.”Hari Rabu, sudah positif Gubernur terpilih dilantik,” terang Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov NTB, Irnadi Kusuma, kepada Radar Lombok, Senin (17/9).

Disampaikan Irnadi, pelantikan akan dilaksanakan di Istana Negara pada pukul 11.00 Wita. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo untuk segera melantik Gubernur NTB terpilih. Informasi kepastian pelantikan tersebut diterima Pemerintah Provinsi NTB dari pemerintah pusat. “Barusan ini (menjelang maghrib kemarin-red) kita dapat infonya. Makanya besok jam 8 pagi saya ikut rapat di Setneg (Sekretariat Negara),” kata Irnadi. 

Untuk mengisi kekosongan pimpinan pemerintahan saat ini, Sekretaris daerah (Sekda) Provinsi NTB H Rosiady Sayuti ditunjuk menjadi pejabat pelaksana harian (Plh) Gubernur NTB.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo yang dihubungi Radar Lombok via WhatsApp menegaskan, penunjukan Rosiady Sayuti sebagai Plh untuk menghindari terjadinya kekosongan pimpinan pemerintahan di Provinsi NTB. “ Kita pakai Plh dulu,” terang Tjahjo. 

Mendagri menunjuk Rosiady sebagai Plh berdasarkan surat yang dibuat pada tanggal 17 September 2018. Mengingat masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB TGB M Zainul Majdi dan H Muhammad Amin berakhir pada tanggal tersebut. 

Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 107/P tahun 2013, masa jabatan TGB-Amin berakhir tanggal 17 September. Sementara di sisi lain pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB terpilih tidak bisa langsung dilaksanakan pada tanggal tersebut. 

Oleh karena itu saat ini komando tertinggi dipegang oleh Rosiady Sayuti. Semua hal yang berkaitan dengan tugas gubernur untuk sementara waktu dilaksanakan oleh Rosiady Sayuti selaku Plh. 

Terpisah, Plh Gubernur NTB H Rosiady Sayuti yang dimintai tanggapannya mengatakan akan menjalankan tugas dengan baik. Termasuk memastikan pemerintahan berjalan seperti sedia kala. 

Menurut Rosiady, dirinya harus memastikan berbagai program yang ada selama ini tetap berjalan. “ Tugas Plh hanya mengawal program yang sudah ada, dan mempersiapkan acara pelantikan gubernur terpilih,” ujarnya.(zwr) 

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut