Zohri dan Sapwaturrahman Menjajal Lapangan Stadion Nasional Tokyo

JAJAL: Lalu Muhammad Zohri dan Sapwaturrahman menjajal Lapangan Stadion Nasional Tokyo, sebelum tampil di Event Ready Steady Tokyo Athletics Continental Tour Gold 2021 pada Minggu (9/5/2021) mendatang. (Screenshot IG TV PBPASI)

MATARAM–Tiba di Jepang, Lalu Muhammad Zohri dan Sapwaturrahman menjajal Lapangan Stadion Nasional Tokyo.

Zohri dan Sapwa akan mewakili Indonesia di Event Ready Steady Tokyo Athletics Continental Tour Gold 2021. Ajang perlombaan atletik ini akan digelar Minggu (9/5/2021) pukul 17.05 waktu Jepang atau pukul 16.05 WITA.

Lalu Muhammad Zohri akan turun di nomor 100 meter putra. Jika bisa lolos ke final, maka Zohri kembali akan berlomba pada pukul 19.00 WITA.

Dikutip di laman KONI NTB, test event di Jepang ini adalah ajang internasional pertama Zohri sejak pandemi covid-19. Setidaknya, sekitar 1,5 tahun atlet asal Lombok Utara itu tidak pernah menjajal lintasan resmi. Jadi test event di Jepang ini sangatlah penting guna mengukur sejauh mana progres latihannya selama pandemi. Apalagi test event ini diikuti pula oleh para pelari elite dunia dan akan menjadi lawan Zohri pada Olimpiade Tokyo Juli-Agustus 2021 mendatang.

BACA JUGA :  Zohri dan Sapwaturrahman Wakili Indonesia di Athletics Continental Tour Gold Tokyo 2021

Adapun Sapwa asal Sumbawa akan turun di nomor lompat jauh, pada pukul 19.05 waktu Jepang atau pukul 18.05 WITA. Bagi Sapwa ajang ini tak sekadar test event belaka, tetapi akan menentukan bagi dirinya untuk tampil di event resmi Olimpiade 2021. Test event ini adalah jalan bagi Sapwa untuk meraih tiket limit Olimpiade; mendampingi Zohri yang sudah lebih dahulu lolos di nomor 100 meter putra.

Dalam kesempatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (3/5/2021) lalu, secara khusus Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan menyambangi Zohri dan Sapwa.

BACA JUGA :  Akses Wisata di Lombok Utara Ditutup, Aparat Disiagakan

Luhut yang juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) RI itu memberi motivasi bagi dua atlet atletik NTB itu. “Saya yakin Zohri bisa masuk semifinal. Tapi kalau dia bisa bikin di bawah 10 detik, kita kasih bonus-lah. Karena ini pertama juga untuk Indonesia ada di bawah 10 detik,” ujarnya.

“Sapwaturrahman, dia terjauh 8,19 (meter). Lolos itu 8,22 (meter) jadi ada sedikit lagi yang harus dikejar. Dari Pak Tigor data-data Jepang ya segitu sekitar 8,22 dan saya kira itu bisa dorong Sapwa untuk lebih dari 8,22. Kalau kamu bisa, kamu juga dapat tuh bonus,” terangnya. (RL)