Zigi Sumbang Emas SEA Games

EMAS : Zigi Zaresta Yuda, atlet karate Lombok Barat yang mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di ajang SEA Games Vietnam. (IST FOR RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Salah satu karateka kebanggaan Lombok Barat, Ahmad Zigi Zaresta Yuda, sukses mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di ajang SEA Games Vietnam. Raihan Zigi ini sekaligus menghantarkan Indonesia ke peringkat empat besar perolehan medali di ajang ini.” Alhamdulillah bisa kembali memberikan yang terbaik buat Indonesia,” ungkap Zigi yang dihubungi via WhatsApp, Rabu (18/5).

Raihan emas Zigi ini tercatat meneruskan prestasi yang ia raih dari kejuaraan-kejuaraan dunia sebelumnya. Buktinya, pada SEA Games 2017 di Malaysia, dia menyumbangkan medali perak, dan pada Asian Games 2018, Zigi meraih medali perunggu. Kemudian pada SEA Games Filipina 2019, sukses raih emas. Dan pada SEA Games 2021 Vietnam kali ini, Zigi sukses pertahankan tradisi emas.

Dari sekian cabang olahraga yang tampil, Cabor karate rupanya berhasil menambah perolehan medali emas IndonesiaEmas perdana dari kontingen karate Indonesia ini membuat Merah Putih naik ke empat besar menggusur Singapura. Medali emas berhasil disumbangkan dari cabang olahraga (cabor) karate nomor individu kata putra melalui aksi Ahmad Zigi Zaresta Yuda, Rabu (18/5/2022). Sementara tuan rumah Vietnam, berhasil meraih medali perak melalui Minh Duc Pham.

BACA JUGA :  Kalahkan Perslotim, Perslobar Pimpin Klasemen Sementara

Selain mendapatkan medali emas, karate juga berhasil menyumbangkan dua medali perunggu. Krisda Putri Aprilia berhasil menyumbang medali perunggu di nomor Kata individu putri. Sedangkan medali perunggu kedua didapatkan oleh Sharon Verlina Ririhena di nomor kumite 50 kg putri.

Zigi dinyatakan sukses membuka kran medali untuk cabor Karate. Sehingga sejumlah Karateka lainnya juga dinilai masih berpeluang menambah medali emas lagi. Salah satunya dari kumite 60 kg putra lewat Ari Saputra.

BACA JUGA :  Johar Lin Eng Tepis Masuk Angin

Dengan tambahan emas dari cabor karate, Indonesia telah meraih 34 medali emas. Perolehan ini masih berpotensi bertambah hingga akhir hari ini lewat cabor lainnya.

Sampai berita ini dibuat, kontingen Indonesia berada di posisi keempat klasemen medali dengan 34 emas, 45 perak, dan 44 perunggu. Menggusur Singapura ke posisi lima dengan 34 emas, 35 perak, dan 41 perunggu.

Sementara itu, Ketua KONI NTB H Mori Hanafi memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap atlet kebanggaan NTB yang sukses meraih medali. Terlebih sosok Zigi akhirnya sukses membuka kran medali emas.

 

Ungkapan bangga juga disampaikan oleh Ketua KONI Lombok Barat, H. Suherman. “ Kami bangga sebagai warga Lombok Barat atas prestasi Zigi,” ungkapnya.(rie)