Yan Bahtiar Siap Tampil di Ajang Ironman 70,3 Mil

Yan Bahtiar Siap Tampil
ATLET TRIATHLON: Inilah Atlet Triathlon Senior NTB, Yan Bahtiar yang siap tampil di ajang Triathlon Ironman 70,3 Mil.(NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Salah satu Atlet Triathlon senior NTB, Yang Bahtiar mengaku siap membukukan namanya di daftar peserta Triathlon Ironman 70,3 Mil, 4 Juli mendatang. Penampilannya nanti bakal menjadi pengalaman pertama di ajang Olahraga yang paling ekstrem tersebut.

“Secepatnya saya bakal registrasi pendaftaran. Karena kalau terlambat bisa saja kuotanya sudah tembus 1.000 peserta,” Ujar Yan, Rabu (11/3).

Dikatakannya, perhelatan Triathlon Ironman ini bakal berlangsung di Pulau Lombok, NTB. Penyelenggara menargetkan 1.000 peserta. Peserta dari mancanegara maupun lokal pasti banyak yang ambil bagian dalam kompetisi ini. Nantinya, para peserta akan menempuh jarak 70,3 mil atau 113 kilometer. Dengan berlari sejauh 21,1 kilometer, berenang sejauh 1,9 kilometer, dan bersepeda sejauh 90 kilometer.

Yan yang memiliki banyak pengalaman di event Triathlon mengaku bakal mendapat tantangan yang lebih berat lewat Triathlon Ironman. Pasalnya, jarak tempuh yang bakal di lewati melebihi Triathlon yang biasanya dilalui. “Kalau saya lolos jadi peserta, pasti ini jadi pengalaman paling menantang saya,” katanya.

Namun demikian, kalau ia lihat dari usianya saat ini, Yan mengaku cukup ideal. Sehingga tugasnya sekarang lebih mempersiapkan mental, fisik dan tehnik di Triathlon Ironman tersebut. “Tinggal saya siapkan fisik, kalau usia sudah cukup ideal,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua KONI NTB H. Andy Hadianto mengatakan, kompetisi bertaraf internasional ini tentu membutuhkan dukungan dari seluruh pihak. Karena banyak manfaat yang akan diterima daerah dari pelaksanaan triathlon ironman ini. Dengan biaya murah namun memberikan multiplier efek yang besar bagi pariwisata. Karena pada event triathlon ini sebagian besar biaya ditanggung peserta.

Peserta triathlon yang umumnya menengah ke atas akan stay di Lombok selama tiga sampai lima hari. Sehingga secara perhitungan kemasukan pariwisata juga bakal mencapai miliaran.

Lebih lanjut Andy mengatakan, Lombok memang sangat cocok untuk event triathlon. Didukung dengan kondisi alam yang sangat indah. Sehingga Lombok juga memiliki potensi pengembangan sport tourism. ”Jika sehari satu peserta mengeluarkan satu juta, maka banyak yang akan didapatkan pelaku pariwisata atau usaha kecil dari event ini,” pungkasnya. (rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid