Wujudkan Pilkades Damai, Kapolsek Gerung Inisiasi Dialog Kebangsaan

DIALOG: Kapolsek Gerung bersama Fakultas Hukum UMMAT, dan Kesbangpol Lobar, menggelar dialog kebangsaan untuk mewujudkan Pilkades Damai. (ist for radarlombok.co.id)

GIRI MENANG–Bertempat di Mako Polsek Gerung telah dilaksanakan Dialog Kebangsaan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram dengan Tema “Mewujudkan Pilkades Damai di Wilayah Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat”, pada hari Sabtu tanggal 12 Juni 2021 pukul 07.30 Wita

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kesbangpol Lobar H. Isnanto Kurniawan, Kapolsek Gerung AKP Syaripuddin Zohri, Camat Gerung H. Mulyadi, SH, Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhamadiyah Mataram (UMMAT), Rena Aminwara, SH. M.Si bersama tim, Ketua JPKP Lobar DR Akhyar, Budiman, Kapus Dasan Tapen dr. Zulhana, Panitia Pilkades Tiga Desa, Para Calon Kades Tiga Desa, serta para tamu undangan lainnya.

Sebelum dialog kebangsaan terlebih dahulu dilaksanakan kegiaan sepeda santai yang start dari Kampus UMMAT Mataram, melalui jalur BIL II dan finish di Mako Polsek Gerung dan dilanjutkan dengan kegiatan Senam Sehat.

Dalam sambutan, Kapolsek Gerung AKP Syaripuddin Zohri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dekan Fakultas Hukum UMMAT beserta jajaran, Kepala Kesbangpol Kabupaten Lobar yang mewakili Bupati, serta para Calon Kepala Desa Beleka, Babussalam dan Banyu Urip.

Baca Juga :  PENGARUH SIKAP PROFESIONALISME GURU TERHADAP KEBERHASILAN PENDIDIKAN PESERTA DIDIK

Menurutnya kegiatan ini bertujuan selain untuk silahturahmi, sekaligus juga sebagai dialog Kebangsaan untuk mewujudkan Pilkades Damai di Wilayah Kecamatan Gerung.

“Untuk itu diharapkan kepada semua kontestan selalu menahan diri dalam memberikan statement yang dapat memecah belah persatuan masyarakat, dan dapat mengganggu keamanan dan ketertiban,” kata Syaripuddin.

“Terpenting juga harus tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) dalam setiap kegiatan karena situasi pada saat ini masih pandemi covid 19,” tegas Kapolsek Gerung.

FOTO BERSAMA: Usai digelar dialog kebangsaan untuk wujudkan Pilkades Damai, Kapolsek Gerung, Dekan Fakultas Hukum UMMAT, dan Kepala Kesbangpol Lobar, serta para peserta foto bersama.

Sementara Dekan Fakultas Hukum UMMAT, Rena Aminwara, S.H, M.Si dalam arahannya menyampaikan kalau awalnya kegiatan bermula dari kegemaran bersepeda, yang kemudian muncul ide untuk melaksanakan kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Dan kegiatan ini ternyata disambut baik oleh Bapak Kapolsek Gerung dan mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlanjut dan tidak berhenti sampai disini,” harapnya.

Pihaknya juga berharap dalam kegiatan briefing terkait dengan Pilkades serentak ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat, sehingga Pilkades serentak ini dapat berjalan dengan aman dan damai.

Baca Juga :  UNW Mataram, UIM dan UMMAT Sepakat Kolaborasi Wujudkan MBKM

Sedangkan Sekretaris Prodi Fakultas Hukum UMMAT, Adi Supriadi, S.H, M.H menambahkan, untuk kegiatan Pilkades, pihaknya pernah terlibat langsung dalam pembuatan soal tes, khususnya dalam bidang kebangsaan di Kabupaten Lombok Utara.

“Mewujudkan Pilkades Damai intinya seorang Kades adalah pelayan masyarakat yang sudah diatur dalam Undang-undang. Namun dalam perspektif idiologi prinsip demokrasi kedaulatan ada ditangan rakyat,” tegasnya.

Sekarang lanjutnya, Desa itu merupakan dasar dari para Kader yang terbaik untuk perwakilan rakyat di dalam negara demokrasi ini.

“Harapan saya adalah para Kontestan Pilkades ini bisa beradu secara pikiran yang dapat memajukan Desanya dan bisa mewujudkan Pilkades Damai,” ujar Adi.

Usai dialog kebangsaan, acara dilanjutkan dengan deklarasi danĀ  penandatanganan kesepakatan Pilkades Damai oleh para Calon Kades, Panitia Pilkades, dan Forkopimcam, untuk selanjutnya dan diakhiri foto bersama. (*/gt)