Wisatawan Asing Ditilang

SIDANG DITEMPAT : Warga Negara Asing (WNA) asal Jerman bernama Lisa Koszewski menjalani sidang tilang di tempat. Lisa terjaring razia yang digelar polisi di Jalan Langko, Rabu kemarin (23/11) (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM–Polisi tengah menggencarkan razia terhadap kendaraan bermotor.

Sejak tanggal 16 November sampai 29 November 2016 digelar  Operasi Zebra Gatarin 2016 serentak di seluruh daerah. Para pengendara kendaraan bermotor yang tidak membawa dokumen kendaraan langsung ditilang.  Hal ini juga menimpa  dua  wisatawan asal Jerman bernama  Lisa Koszewski dan Tothi Garade asal Finlandia ditilang di Jalan Langko saat melintas Rabu kemarin (23/11).

Keduanya tidak membawa STNK serta SIM. Keduanya, langsung  menjalani sidang di tempat dan dikenakan sanksi berupa pembayaran denda. Di Kota Mataram kata  perwira dari Satuan Polres Mataram, Aipda I Made Sugiartha,sejak  Operasi Zebra Gatarin 2016  tercatat  ada  1.305 lebih pelanggar yang telah ditindak. Pelanggar yang mendominasi yakni, pelajar dan masyarakat umum. Terbanyak  tidak menggunakan helm ada 600 lebih, sedangkan yang tidak memiliki  SIM ada 300 lebih.

Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Budi Indra Dermawan mengtatakan, operasi Zebra Gatarin 2016  ini  80 persennya  mengedepankan penindakan terdiri dari teguran dan tertulis. ‘’ 20 persennya itu imbauan dan sosialisasi,’’ kata Indra sebelumnya.

Operasi Zebra ini   rutin  dilaksanakan tiap akhir tahun dan akan dilanjutkan dengan operasi lilin menjelang tahun baru. Tujuannya untuk menekan vatalitas kecelakaan lalu lintas.

Masyarakat NTB secara keseluruhan yang menggunakan kendaraan bermotor dalam bepergian diminta terlebih dahulu untuk melengkapi surat-surat kendaraan miliknya seperti STNK dan SIM. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid