Wisatawan Asal Prancis Dominasi Pendakian di Rinjani

PANDAKI: Nampak sejumlah pendaki Gunung Rinjani saat mendirikan tenda. (Faisal haris/radar lombok)

MATARAM – Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) mencatat pada periode Maret sampai Juli 2022 jumlah wisatawan mancanegara yang mendaki Gunung Rinjani sebanyak 1.358 orang. Dari jumlah 1.358 wisatawan mancanegara yang mendaki Gunung Rinjani itu didominasi oleh wisatawan asal Prancis.

Kepala Balai TNGR Dedy Asriady mengatakan, mendaki Gunung Rinjani tidak hanya diminati oleh para pendaki wisatawan lokal saja. Akan tetapi wisatawan macanegara pun tidak mau ketinggalan. “Hal ini kita lihat dari kunjungan wisatawan mancanegara mulai ramai bekunjung ke Rinjani. Sejak periode bulan Maret sampai Juli 2022 tercatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 1.358 orang,” ungkapnya.

Baca Juga :  Program Tuntas, Proyek Belum Terbayar

Dedy menyebutkan, wisatawan mancanegara yang mendaki Gunung Rinjani didominasi 3 negara terbanyak. Yakni berturut-turut berasal dari negara Prancis, Belanda, dan Australia. “Jumlah kunjungan ini dilihat berdasarkan rekapan kunjungan yang terdata di aplikasi e-Rinjani,” sebutnya.

Dedy membeberkan, 10 besar negara asal wisatawan mancanegara yang mendaki Gunung Rinjani periode Maret sampai Juli 2022. Negara asal wisatawan mancanegara terbanyak adalah Prancis sebanyak 335 pendaki, Belanda 225 pendaki, Australia 215 pendaki. kemudian, Jerman sebanyak 154 pendaki, Malaysia 127 pendaki, Denmark 110 pendaki, Singapura 103 pendaki, dan Belgia 89 pendaki. “Bagi wisatawan mancanegara yang ingin atau akan melakukan pendakian ke Taman Nasional Gunung Rinjani, mereka diwajibkan untuk menggunakan jasa Trekking Organizer (TO) yang sudah resmi terdaftar di TNGR,” terangnya.

Baca Juga :  116 Ribu Ton Menumpuk, Beras Bulog Diusulkan Jadi BPNT

Seperti diketahui, pada 2021 lalu, tercatat jumlah wisatawan nusantara yang berkunjung ke Rinjani sebanyak 38.785 orang. Terdiri dari wisatawan yang berkunjung ke wisata pendakian 21.667 orang dan non pendakian 17.118 orang. Sedangkan total wisatawan mancanegara sebanyak 12.764 orang. Terdiri dari wisata pendakian sebanyak 12.639 orang dan non pendakian 125 orang. (sal)

Komentar Anda