Wisata Gili Masih Sepi Jelang Nataru

MASIH SEPI: Penyeberangan wisatawan ke Gili Trawangan masih sepi jelang Nataru. (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) kawasan wisata Gili masih sepi pengunjung. Kondisi masih sama dengan tahun lalu saat kondisi covid-19. Kondisi normal belum bisa dirasakan seperti sebelum gempa 2018, di mana hotel banyak yang full booking. “Tamu ada, tapi sedikit, tidak seperti kondisi semula,” ucap Ketua Asosiasi Pengusaha Gili Trawangan (APGT) Accok Basso Zani kepada Radar Lombok, Minggu (19/12).

Pengunjung yang datang ke Gili lanjutnya, kebanyakan wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara yang memang sudah lama tinggal di Indonesia. Belum ada pengunjung baru yang datang langsung dari luar negeri seperti semula.

BACA JUGA :  Pembebasan Jalinkra Ditarget Rampung November

Saat normal, biasanya seminggu sebelum Nataru seluruh penginapan sudah full booking, bahkan di saat kondisi normal jumlah tamu dibatasi. Sementara sekarang hotel dan penginapan sepi, bahkan tidak semuanya beroperasi. Diakui, sepinya pengunjung ini tentunya karena keadaan di tengah  situasi perekonomian dunia yang masih terpuruk. “Belum bisa terulang kondisi seperti dulu,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan pengusaha boatman, Mahbub. Ia mengaku sampai sekarang penyeberangan masih belum membludak seperti dahulu. Jikapun ada, itu pengunjung lokal yang berurusan dengan pekerjaan sekalian liburan di Gili. “Kalau dulu, seminggu sebelum Nataru sudah ramai carter boat, bahkan kita kewalahan melayani penumpang yang menyeberang,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Gaji 13 untuk ASN, Kepala Daerah, dan Anggota DPRD Cair Juni

Meskipun pariwisata masih sepi, pihak Kepolisian tetap melakukan pemantauan dan menerjunkan personel ke Gili dengan membentuk posko di Bangsal dan perbatasan Lombok Barat-Lombok Utara.

Untuk penyekatan tetap dilakukan terutama mengantisipasi kamtibmas yang akan merayakan tahun baru. “Dalam kondisi apapun, kami tetap melakukan patroli baik di Gili maupun di darat,” tegas Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta. (flo)