Wirausaha Muda Harus Menjadi Inspirasi Anak NTB

ICSB NTB
POSE BERSAMA : Finalis Lomba Wirausaha Muda 2020 pose bersama dewan juri dan Kepala Dinas Perdagangan NTB H Faturahman pada malam penganugerahan Wirausaha Muda NTB 2020, Rabu malam (25/11).

Malam Penganugerahan Wirausaha Muda NTB 2020 Berlangsung Meriah

MATARAM – Lomba Wirausaha Muda NTB 2020 yang diselenggarakan oleh International Council for Small Business (ICSB) NTB telah berhasil menentukan para juara dari sejumlah kategori. Kegiatan lomba ini sebagai bentuk dukungan ICSB NTB kepada pemerintah daerah dalam mencetak lahirnya wirausaha baru di NTB.

Malam Pengaanugerahan Lomba Wirausaha Muda NTB 2020 dihadiri langsung oleh Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah dan Koordinator ICSB Wilayah NTB Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah di Hotel Lombok Astoria, Rabu malam (25/11). Hadir juga Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB H Faturahman, Kepala OJK NTB Farid Faletehan dan 50 finalis Lomba Wirausaha Muda NTB 2020.

Dalam malam penganugerahan Lomba Wirausaha Muda NTB 2020 tersebut, Wiwin Suryani, pelaku UKM Kopi Punik Sumbawa berhasil terpilih menjadi juara 1 Wirausaha Muda NTB 2020 kategori Umum. Sementara juara 1 kategori pelajar diraih oleh Ilham Ariadi, pelaku UKM Kedai Terserah.

Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah mengatakan, menentukan juara tidak hanya melihat kualitas yang dimilikinya, namun juga harus dapat menginspirasi banyak anak muda di NTB, sehingga turut tergerak untuk menjadi pengusaha dan berkontribusi dalam pembangunan Negeri.

“Bukan lagi hanya melihat pegawai negeri sebagai pilihan, tapi menjadi pengusaha sebagai bagian dari cara kita berkontribusi dalam pembangunan,” kata Gubernur NTB yang akrab disapa Bang Zul ini.

Kedepan, dunia akan memaknai pemerintah sebagai fasilitator dan dunia usaha menjadi mesin ekonomi yang menyediakan kesempatan kerja, sehingga mampu mengatasi kemiskinan. Pemerintah daerah akan memberikan dukungan, menyediakan segala macam bantuan yang memungkinkan agar mereka betul-betul hidup dalam lingkungan yang nyaman dan menyenangkan.

“Kepada pemenang Wirausaha Muda NTB 2020, agar kedepan dapat menjadi pengusaha sukses di dunia bisnis Indonesia dan dunia,” harapnya.

Bang Zul berharap duta wirausaha muda, dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak muda di NTB, karena menjadi pengusaha merupakan bagian dari cara berkontribusi dalam pembangunan. Memilih wirausaha muda yang juara I dalam kontestasi ini bukan tujuan utamanya. Melainkan event ini harus mampu menginspirasi dan menyemangati banyak anak muda di NTB dan Indonesia untuk berani berwirausaha.

“Para finalis duta wirausaha muda dapat menjadikan kompetisi ini sebagai titik awal untuk tetap berkarya dan memberikan inspirasi bagi wirausaha muda yang lain,” katanya.

Koordinator ICSB Wilayah NTB Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengaku bangga atas antusias generasi muda dalam bersaing dan berkontribusi pada kegiatan Lomba Wirausaha Muda 2020.

“Saya ingin menyampaikan rasa bangga yang luar biasa kepada para finalis hari ini hadir bersama kami. Anda adalah orang-orang luar biasa, harapan kita semua untuk majunya UKM NTB menjadi daerah yang dibanggakan di Indonesia,” ucapnya.

Bunda Niken mengapresiasi seluruh finalis yang telah memiliki ide luar biasa dan telah berhasil mewujudkannya dalam sebuah bisnis. Semenatara itu, kepada para pemenang satu, dua dan tiga, baik kategori umum maupun kategori pelajar, ia berharap agar mampu menjadi motivator bagi para wirausaha muda lainnya.

“Dengan semangat dan kesungguhan ini NTB anak-anak mudanya dapat menjadi kebanggaan Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, ketua panitia, Indah Purwanti Ningsih, menuturkan bahwa pemenang Wirausaha Muda NTB 2020 atau penyandang duta wirausaha muda NTB ini, telah melalui proses yang cukup ketat, yakni dari 440 pendaftar dan telah disaring melalui berbagai tahap. Sepuluh besar wirausaha ini, telah melalui proses seleksi yang cukup ketat. Dari 440 wirausaha muda yang mendaftar se-NTB, sudah disaring melalui 3 tahapan seleksi. Diantaranya, tahap pertama seleksi kelengkapan administrasi, tahap kedua deep interview, tahap ketiga coosing bisnis selama 3 hari.

“Jadi benar-benar melalui seleksi yang ketat,” jelasnya.

Proses seleksi ini, akhirnya mendaulat 10 finalis, setelah itu ditentukan 3 terbaik untuk kategori umum dan pelajar, yang akan menjadi Duta Wirausaha Muda NTB.

“Mereka ini dapat menjadi inspirasi bagi wirausaha muda lainnya,” ucapnya.

Proses penentuan duta wirausaha muda NTB tahun 2020, dinilai secara ketat oleh para juri yang terdiri dari Koordinator ICSB NTB, ICSB Pusat, Kadis Perdagangan NTB, Ketua Kadin NTB, Dosen Fakultas Ekonomi Unram. (luk)

BACA JUGA :  Menjadi Wirausaha Muda NTB yang Tangguh